Sabtu, 28 Februari 2015

Tips Menjadi Guru Inspiratif: Mahasiswa dan Alumni Kependidikan Harus Tahu

Kali ini Yongnesia akan membahas mengenai tips menjadi guru inspiratif. Kata William A. Ward:

Guru biasa menceritakan
Guru baik menjelaskan dengan detail
Guru hebat mendemonstrasikan
Guru Terbaik menginspirasi

Waktu sekolah dulu pasti ada beberapa guru yang sangat bekesan bagi sobat Youngnesia. Atau guru yang sosoknya terkenang dibenak sobat Youngnesia. Dan kini kamu sedang berusaha menjadi sosok yang menginspirasi seperti gurumu dulu. Bagaimana proses seseorang menjadi terinspirasi pada sesuatu yang dipelajari dan dibacanya? Dan sebagai seorang guru, bagaimana muridmu bisa menjadi terinspirasi oleh pelajaran yang Kamu sampaibakn, atau apapun yang Kamu tunjukan?.

Proses inspirasi terjadi saat seseorang dibuat kagum, takjub, atau terpukau oleh sesuatu yang dilihat, didengar atau dibacanya. Peristiwa itu sungguh menyalakan percikan api kreativitas atau semangat perubahan dalam dirinya. Diantara semua profesi, gurulah yang memiliki kesempatan paling besar untuk menyalakan percikan api kreatifitas dan semangat kepada anak-anak didiknya. Guru juga memiliki peluang besar untuk memberikan inspirasi bagi kehidupan masa depan anak didiknya. Berikut adalah tips menjadi guru inspiratif:

Jadilah Guru yang teladan: "digugu lan ditiru"


sosok guru teladan menjadi guru inspiratif

Untuk menjadi guru yang ispiratif, cara menjadi guru inspiratifpertama adalah menjadi guru teladan. Kamu sering mendengar kata Ki Hadjar Dewantara yang mengatakan �Guru iku digugu lan ditiru� artinya Guru adalah orang yang digugu atau didengarkan dan ditiru atau di ikuti tindak-tanduknya. Dalam perkataan ini ada semacam kepercayaan para murid kepada gurunya bahwa guru tersebut peduli dan perhatian dengan masa depan mereka, sehingga mereka mengikuti setiap anjuran dan meniru setiap tindakan guru. Cara ini adalah cara menjadi guru inspiratif yang paling efektif. Agar menginspirasi orang pastikan, dirimu memiliki sikap yang inspiratif.

Jadilah Guru yang kreatif


tips menjadi guru inspiratif dengan menelurkan ide-ide pengajaran kreatif

Cara seseorang untuk dikenal oleh orang lain adalah dengan tampil beda. Cara menjadi terkenang adalah sentuh hati dan pikirannya. Tips menjadi guru inpiratif, berikutnya adalah jadilah guru kreatif. Ingat, guru adalah agent of change, untuk menjadi agent of change yang sukses ia harus memiliki banyak pendekatan atau teknik untuk menarik perhatian anak. Dalam satu kelas ada 30 anak yang pastinya memiliki karakter, kesukaan dan cara belajar yang bebeda-beda maka dari itu guru harus kreatif agar ilmu yang ia ajarkan bisa diserap dan dikenang oleh para murid. Dikenal sebagai guru yang kreatif juga bakalan bisa menginpirasi murid-murid karena berhasil membuat mereka kreatif juga. Guru kreatif juga, tidak terbatas akan fasilitas sekolah dalam mengajar. Menjadi guru yang memiliki banyak pendekatan dalam mengajar dan pendekatan merupakan Tips menjadi guru inspiratif kreatif dan inovatif selanjutnya yang harus dimiliki seorang guru yang inspiratif.

Jadilah guru yang dekat dengan muridnya


cara menjadi guru inspiratif: menjadi guru yang dekat dengan muridnya

Tips untuk menjadi guru inspiratif selanjutnya adalah dekat dengan muridnya. Jika tak dekat maka tak sayang, dan jika kedekatannya keropos maka hubungannya akan keropos pula. Cara agar dekat dengan murid adalah kenali seperti apa murid mu, dan jangan membicarakan kejelekannya didepan anak-anak yang lain. Membicarakan kejelekan didepan anak-anak akan membuatnya merasa tersingkirkan di kelas dan pasti akan menjauh dari kamu, dan pada saat yang sama dapat menghilangkan kepercayaan kepada kamu. Tegurlah dengan cara yang tepat, sehingga ia tak merasa terjatuhkan. Samahalnya dengan teguran pujian pun harus diberikan baik dan seimbang agar tak berlebihan. Karena b=pujian berlebihan akan berdampak buruk, karena bisa mengakibatkan pada sikap angkuh dan puas diri.

Jadilah guru yang tegas


cara menjadi guru yang inspiratif: menjadi sosok guru yang tegas

Cara menjadi guru yang inspiratif terakhir adalah Tegas. Tegas, tidak sama dengan galak. Tegas artinya mampu menempatkan diri pada posisi yang tepat. Tahu kapan ia lunak dan kapan ia tegas dengan pilihan sikapnya. Sering kali murid ingin diperhatikan, namun jangan sampai perhatian membawamu pada sikap yang lunak. Hal ini bisa berdampak buruk pada karakter anak.

Para guru sekalian, jadilah pengajar yang bisa memberikan inspirasi perubahan bagi masa depan anak didik, dan juga negeri ini. Semoga tips menjadi guru inspiratif diatas bisa bermanfaat bagi Sobat Youngnesia semua yang akan menjadi guru atau sedang menjadi guru. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar