Kamis, 26 Februari 2015

Siapa Bilang LDR-an Nggak Bisa Bertahan Lama? Nih Ada 5 Tips Mempertahankan Hubungan Jarak Jauh

Ada beberapa hubungan yang bisa dijalin oleh kebanyakan pasangan kekasih di seluruh belahan dunia, dan salah satunya adalah menjalin hubungan jarak jauh. LDR, Long Distance Relationship, sebuah hubungan yang menjadi momok bagi banyak pasangan. Konon, banyak sekali hubungan cinta jarak jauh tak akan pernah berhasil. Mitos atau fakta? Itu bisa jadi sebuah fakta ketika si pelaku hubungan tersebut tidak mengetahui tips mempertahankan hubungan jarak jauh yang tepat.

Coba deh kita perhatikan. Jaman dulu, saat kakek nenek atau ayah ibu kita masih pacaran, jangankan Skype, ponsel saja tidak punya. Dan tak sedikit di antara mereka yang pacaran jarak jauh namun bisa bertahan, padahal hanya berbekal sepucuk surat cinta yang saling berbalasan. Setidaknya hal itu membuktikan bahwa bukan LDR yang membuat hubungan cinta gagal, melainkan lebih kepada bagaimana gaya bercinta orang jaman sekarang. Tahu nggak sih, apa yang membuat hubungan cinta LDR bisa bertahan sebenarnya? Ini 4 tips mempertahankan hubungan jarak jauh:


Mantapkan Komitmen


tips mempertahankan hubungan jarak jauh: memantapkan komitmen

Cara mempertahankan hubungan jarak jauh, pertama yang harus kamu lakukan adalah mantapkan komitmen. Walau hubungan semacam ini sangat sulit untuk dijalani. Namun bukan tidak mungkin bagi Kamu dan pasangan untuk terus bersama dan berhasil dalam menghadapi segala masalah yang ada dalam hubungan jarak jauh ini. Karena ada solusi untuk setiap masalah, maka untuk hubungan jarak jauh inipun Kamu juga akan mendapatkan solusi dan cara-cara menjalaninya.

Untuk tips mempertahankan hubungan jarak jauh yang pertama yang perlu Kamu dan pasangan lakukan adalah memantapkan komitmen. Hal ini sering kali terdengar klise, namun sebenarnya komitmen memiliki peranan yang sangat penting dalam sebuah hubungan, baik itu hubungan jarak dekat maupun jarak jauh. Karena komitmen merupakan perwujudan dari niat tulus Kamu dan pasangan Kamu dalam menjalin sebuah hubungan.

Jika Kamu dan pasangan memiliki komitmen yang serius dalam menjalani hubungan, maka jarak dan waktu bukan lagi menjadi masalah yang besar untuk Kamu jalani bersama pasangan Kamu. Yang perlu Kamu ingat adalah komitmen Kamu harus seimbang dengan pasangan Kamu, jangan sampai berat sebelah karena itu tidak akan berhasil.


Nostalgia Pertama Kali Saling Jatuh Cinta


tips menjaga hubungan jarak jauh: selalu bernostalgia

Mencintai itu bukan setelah lama berhubungan kemudian bosan seperti menggunakan barang. Atau ketika sedang jauh kemudian lupa dengan yang lama dan beralih ke yang baru. It's a childish way to love.

Coba ingatlah bagaimana awal cinta bersemi di antara Kamu dan pasangan, tips menjaga hubungan jarak jauh agar tetap harmonis yang satu ini bisa membuat bara cinta tetap menyala dalam kehidupan Kamu dan dia. Memangnya bisa cuma dengan cara mengingat-ingat masa lalu? Nggak basi?

Coba deh perhatikan ketika teman Kamu bertanya bagaimana awal kisah cinta Kamu dan pasangan. Kamu pasti menceritakannya dari hati dan bisa merasakan kebahagiaan cinta itu meski hari-hari sudah lama berlalu. Coba bicarakan kenangan manis hingga bodoh bersama pasangan, agar membuat Kamu dan dia tetap (atau makin) mesra.


Jaga Komunikasi

tips hubungan jarak jauh ldr: menjaga komunikasi

Tips hubungan jarak jauh ldrselanjutnya adalah dengan menjaga kualitas komunikasi. Komunikasi yang baik dalam setiap hubungan tidak hanya untuk Jarak jauh saja, jarak dekat pun harus begitu. Karena dengan komunikasi akan selalu mampu memberikan nyawa pada hubungan tersebut. Namun dengan keterbatasan waktu dan jarak untuk bertemu, maka komunikasi dengan cara bertatap muka langsung dalam hubungan jarak jauh akan sangat sulit.

Maka dari itu, Kamu dan pasangan harus Kamu memanfaatkan fasilitas komunikasi yang ada seperti sms, telephone, video chat, jejaring sosial dan masih banyak lagi sarana komunikasi yang bisa Kamu manfaatkan dengan fasilitas -fasilitas tersebut Kamu bisa berbagi cerita tentang hari-hari Kamu, bertukar pikiran, berkeluh kesah dan lain sebagainya. Anggap saja pasangan Kamu sedang berada dihadapan Kamu saat Kamu melakukan aktifitas komunikasi tersebut. Sehingga kual�tas pesan Kamu akan lebih tersampaikan pada pasangan Kamu.


Samakan Tujuan


tips hubungan jarak jauh ldr: menyamakan tujuan

Yang tidak kalah penting dari ketiga tips mempertahankan hubungan jarak jauh di atas adalah kesamaan visi Kamu dan pasangan dalam menjalin hubungan. Kamu dan pasangan sejak awal harus sudah menentukan hubungan yang sedang Kamu jalani berdua tersebut akan berarah kemana. misalnya, ke jenjang yang lebih serius seperti pertunangan atau pernikahan.

Dengan adanya visi dan tujuan yang sama tersebut, maka Kamu dan pasangan akan tetap semangat untuk mencapai tujuan akhir hubungan Kamu, sehingga jarak dan waktu yang memisahkan Kamu dan pasangan tidak akan lagi terasa berat untuk dijalani. Selain itu, jika Kamu dan pasangan masih mungkin untuk melakukan pertemuan selama hubungan jarak jauh Kamu, karena hanya terpisah kota, maka tidak ada salahnya Kamu dan pasangan saling mengunjungi pada waktu-waktu tertentu.

Kerinduan yang sudah lama Kamu tahan untuk dapat bertemu pasangan Kamu, membuat pertemuan tersebut akan semakin mesra dan hangat.Kamu juga dapat memberikan kejutan-kejutan berupa kunjungan yang tidak terrencana dan tidak Kamu beritahukan terlebih dulu kepada pasangan Kamu. Namun sebelumnya Kamu harus memastikan bahwa saat Kamu datang tidak memiliki acara lain. Sehingga Kamu bisa benar-benar menghabiskan waktu bersama pasangan Kamu.


Tanam Rasa Saling Percaya


tips hubungan jarak jauh ldr: menanamkan rasa saling percaya

Tips hubungan jarak jauh ldr terakhir dan juga penting dalam mempertahankan sebuah hubungan jarak jauh adalah menanamkan rasa saling percaya. Mengingat Kamu tidak dapat selalu memantau keberadaan pasangan Kamu serta aktifitas apa saja yang dilakukannya dan dengan siapa ia melakukannya, maka Kamu perlu menanamkan rasa percaya yang lebih pada pasangan Kamu.

Kecurigaan yang berlebihan justru akan membawa hubungan yang sudah Kamu jalin selama ini kearah keretakan dan bahkan kehancuran. Selain itu, Kamu atau pasangan Kamu pun tidak akan pernah merasa tenang karena selalu memikirkan hal yang bukan-bukan dan belum tentu sebenarnya terjadi. Sehingga Kamu dan pasangan tidak mampu menikmati hubungan yang Kamu berdua jalin.


Namun jika kecurigaan Kamu terbukti benar bahwa pasangan Kamu telah menghianati Kamu, maka Kamu perlu lebih tegas dalam memberikan keputusan untuk pasangan Kamu. Dengan saling menanamkan rasa percaya pada diri Kamu sendiri dan pasangan, maka Kamu dan pasangan akan saling merasa nyaman dalam menjalani hari-hari Kamu masing-masing hingga akhirnya waktu untuk Kamu bertemu tiba dan Kamu berdua dapat meraih impian dan tujuan akhir yang sudah Kamu rencanakan sejak awal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar