Senin, 02 Februari 2015

13 Tips Mengisi Waktu: Saat Sakit Harus Ngapain Ya?

Lagi sakit? Dan batinmu kian tersiksa karena kamu nggak tahu mau ngapain selain berkutat dengan gadget sampai kepalamu malah jadi pusing? Yep, pendar layar di smartphone bisa membuat matamu lelah dan akhirnya kamu nggak jadi istirahat deh. Yuk deh, baca dulu tips mengisi waktu saat sakit versi Youngnesia ini, dijamin kamu nggak akan bete lagi:


Baca buku


tips mengisi waktu saat sakit dengan baca buku

Baca buku memang terdengar seperti kegiatan saat sakit yang membosankan dan bikin pusing. Tapi sebenarnya buku punya efek yang lebih baik daripada mantengin handphone, karena layarnya nggak berpendar seperti handphone sehingga mata kamu nggak terlalu lelah.


Menulis surat


tips mengisi waktu saat sakit dengan menulis surat

Menulis surat sudah ditinggalkan banyak orang. Ini saatnya kamu mulai menulis surat lagi. Di samping dapat menyampaikan kalimat lebih banyak, lebih terstruktur serta terperinci, surat memberikan perasaan spesial kepada penerimanya mengingat si pengirim bekerja keras untuk menulis, mengirimkan ke kantor pos, hingga bersabar menunggu balasannya.


Mendengarkan audio book


tips mengisi waktu saat sakit dengan mendengarkan audio book

Di Indonesia mungkin memang belum populer ya, tapi audiobook itu sebenarnya sama saja dengan membaca novel hanya saja kamu nggak perlu membaca dengan mata melainkan cukup mendengar saja. Dengan alternatif kegiatan saat sakit ini kamu tetap bisa mengistirahatkan penyakitmu tanpa harus membuat capek matamu.


Menonton film


tips mengisi waktu saat sakit dengan nonton film

Tips mengisi waktu saat sakit lainnya adalah menonton film trilogi, drama berseri atau yang bisa menghabiskan waktumu. Setidaknya mengurangi penderitaanmu selama dalam fase sakit ini.


Melipat origami

tips mengisi waktu saat sakit dengan membuat origami

Tahu tentang legenda burung-burungan origami yang kalau kita buat 1000 kali bisa mengabulkan permohonan? Ya, ini saatnya kamu merealisasikannya. Siapa tahu kejadian beneran.


Menelepon


tips mengisi waktu saat sakit dengan menelpon teman

Teleponlah seseorang yang dekat denganmu selama 15 menit saja. Kalau kamu tidak kecapekan, teleponlah rekanmu yang lain dan batasi 15 menit saja. Paling nggak, kamu bisa berbagi penderitaan sambil menghabiskan waktu.


Mempelajari kosakata baru


tips mengisi waktu saat sakit dengan belajar kosakata baru

Bacalah kamus, buku kosakata atau melalui internet. Kamu bisa buka freerice.org untuk belajar kosakata baru sekaligus memberi 10 butir beras untuk tiap pertanyaan yang bisa kamu jawab dengan benar.


Menentukan rencana hidupmu


tips mengisi waktu saat sakit dengan membuat resolusi baru

Ambil secarik kertas, tulis resolusi penting dalam hidupmu. Pikir benar-benar dan jadikan itu pedomanmu dalam melangkah.


Membuat kerajinan tangan


tips mengisi waktu saat sakit dengan membuat kerajinan tangan

Cari artikel DIY (Do It Yourself) baik melalui Pinterest, Instagram atau Tumblr dengan mengetik hashtag #DIY. Kamu bisa juga melakukan upcycling, yakni memberikan nyawa baru buat barang-barangmu yang sudah tidak terpakai. 


Bermain lilin malam / PlayDoh


tips mengisi waktu saat sakit dengan bermain lilin malam

Punya lilin malam atau PlayDoh? Ini saatnya mengeluarkannya dari kotak mainan lamamu dan mulai mengasah kreativitas.


Melihat-lihat album kenangan


tips mengisi waktu saat sakit dengan melihat album kenangan

Masih punya album foto saat masih kecil? Buku alumni atau semacamnya? Nggak ada salahnya bernostalgia sejenak. Ide bagus juga lho kalau kamu mau cetak foto-foto di smartphone kamu dan menaruhnya di album foto ala jadul.


Menulis gratitude notes


tips mengisi waktu saat sakit dengan menulis gratitude notes

Gratitude notes bisa diartikan sebagai memo kecil berisikan hal-hal yang kamu syukuri dalam hidupmu. Selagi kamu sakit, kamu kan jadi bisa merasakan betapa seharusnya kita bersyukur saat sedang sehat. Nah, manfaatkan waktumu untuk menulis gratitude notes tentang semua hal dalam hidupmu misalnya tentang keluargamu, pacarmu atau keadaan di sekelilingmu.


Menggambar


tips mengisi waktu saat sakit dengan membuat gambar 3D

Nggak perlu jago gambar untuk menggambar. Gambar saja bentuk-bentuk abstrak atau permainan warna. Ekspresikan dirimu sebebas mungkin. Siapa tahu bisa kamu kembangkan menjadi hobi.

Buat yang lagi sakit, semoga 13 tips mengisi waktu saat sakittadi bisa membantu meringankan kebosananmu di atas tempat tidur ya. Semoga cepat sembuh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar