Minggu, 22 Februari 2015

5 Tips Liburan Bareng Rombongan Jadi Liburan yang Menyenangkan

Traveling sendirian atau solo traveler itu kadang-kadang memang terasa lebih menyenangkan. Kita bisa menentukan mau kemana saja kita pergi tanpa harus berdebat dengan orang lain. Kamu bisa menjadi pengambil keputusan bagi diri sendiri dan belajar mandiri. Tapi ada banyak konsekuensi yang harus ditanggung sendiri. Antara lain ketika tiba-tiba kita sakit atau kecopetan di perjalanan, tidak ada teman yang bisa membantu dengan segera.

Jika kita liburan bersama rombongan atau teman, kita bisa punya tempat untuk berbagi cerita atau kisah yang ditemui selama perjalanan. Atau jika terjadi hal yang buruk, teman-teman kita tersebut bisa langsung membantu kita. Nah, berikut adalah tips liburan bareng rombongan, agar liburanmu menyenangkan:


Pilih Pemimpin diantara Kalian


tips liburan bareng rombongan: memilih pemimpin rombongan

Tips liburan bareng rombongan pertama adalah memilih pimpinan diantara kalian. Hal ini bukan berarti kita akan menyerahkan semua tugas itu kepada mereka. Tugas membuat itinenary atau mencari tiket dan hotel tetap dilakukan bersama. Tugas pemimpin di sini adalah untuk menengahi jika sewaktu-waktu terjadi perselisihan.


Cari Tiket Jauh-jauh Hari


tips liburan bareng rombongan: cari tiket jauh hari sebelumnya

Tips liburan bareng teman-temanberikutnya adalah persiapan tiket jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar satu rombongan tersebut bisa berada dalam satu tempat yang sama atau kalau naik pesawat atau kereta bisa duduk saling berdekatan. Nggak lucu kalau masing-masing duduk berjauhan, jadi susah ngobrol saat di perjalanan.

Sama halnya dengan hotel. Pesan hotel jauh-jauh hari agar satu rombongan tersebut bisa tinggal dalam satu hotel. Pastikan juga semua anggota rombongan membawa alamat hotel. Jika ada dari salah satu yang tersesat bisa menghubungi hotel tersebut.


Putuskan Semua dengan Mufakat


tips liburan bareng rombongan: musyawarah untuk menentukan segala sesuatu

Menyamakan pendapat beberapa kepala memang sangat sulit. Isi kepala atau pendapat satu orang dengan orang yang lain belum tentu sama. Oleh karena itu, gunakan falsafah yang sudah dipakai oleh nenek moyang dari dulu, musyawarah untuk mufakat. Tapi kalau tidak ada keputusan, bisa dilakukan voting. Seperti ingin menentukan tempat yang mau dikunjungi, jika tidak ada kesepakatan bisa melakukan pemungutan suara dan keputusan diambil melalui suara terbanyak.


Jangan Egois


tips liburan bareng rombongan: dilarang egois

Ini nih yang tidak kalah penting, tips liburan bersama teman. Perlu diingat bahwa kalian nggak pergi sendirian. Sebisa mungkin untuk menjaga sifat egoisme. Punya prinsip itu boleh, tapi karena sedang pergi bersama rombongan, kalian juga harus memikirkan pendapat orang lain.


Jalin Komunikasi dengan Baik


tips liburan bareng rombongan: selalu jalin komunikasi dengan baik

Jika kamu pergi traveling bersama rombongan, tips liburan bareng rombongan terpenting yang harus lakukan berikutnya adalah jalin komunikasi. Tips ini sangat penting, apa lagi jika ternyata kamu tidak mengenal betul tentang daerah itu, jika terjadi apa-apa akan lebih mudah. Jalin komunikasi ini juga penting demi kenyamanan traveling rombonganmu, nggak maukan traveling kamu hancur cuma gara-gara miss-komunikasi.

Liburan bareng-bareng memang lebih asyik dan seru. Sobat Youngnesia juga nggak perlu khawatir kalo liburanmu rusak atau hancur bersama rombongan karena udah ada tips liburan bareng rombongan yang dipaparkan di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar