Senin, 23 Februari 2015

Tips Mempersiapkan Pernikahan: Jangan Sampai Ada yang Ketinggalan!

Hai, kali ini Youngnesia ingin membahas tips mempersiapkan pernikahan sendiri, khususnya buat cewek yang kalau adat Jawa sih memang jadi pihak yang menyelenggarakan resepsi. Untuk mencegah kamu gelagapan di bulan-bulan menjelang pernikahan, Youngnesia akan merangkum hal yang harus disiapkan sebelum pernikahan. Apa aja sih? Yuk simak:


Menentukan Tanggal



tips mempersiapkan pernikahan sendiri: menentukan tanggal pernikahan

Untuk melakukannya, lakukan rapat dengan kedua belah pihak keluarga, kalau perlu buatlah kepanitiaan. Yang pasti kedua belah pihak harus setuju dengan tanggal tersebut. Menentukan tanggal sangat penting karena harus menyesuaikan dengan terkumpulnya budget pernikahan sekaligus yang paling menentukan dalam hal pemesanan gedung, dekor, catering, dsb.


Menentukan Budget



tips mempersiapkan pernikahan sendiri: menentukan budget pernikahan

Pertama-tama, ketahui dahulu berapa dana yang kamu punya untuk pernikahanmu. Salah satu tips, cobalah melihat wedding package yang tersedia di kotamu dan gunakan biayanya untuk memberimu gambaran tentang jumlah budget yang nantinya kemungkinan akan kamu habiskan. Apakah kamu bisa mendapatkan kualitas lebih dengan harga yang lebih murah? Let�s see!


Menentukan Lokasi



tips mempersiapkan pernikahan sendiri: menentukan lokasi pernikahan

Lokasi harus disiapkan sebelum pernikahan juga. Apakah kamu akan menghelat pestamu di rumah? Di tempat ibadah? Atau di gedung? Bila kamu akan mengadakan pesta di tempat ibadah, tanyakan terlebih dahulu kepada pemilik tempat atau pihak yang berwenang terutama tentang hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh penyelenggara pesta.

Bila akan mengadakan pesta di rumah, kamu harus memperhitungkan lokasi parkir, kemudahan akses, menghubungi hansip setempat, ijin kepada pihak RT atau RW, atau berkoordinasi dengan organisasi muda-mudi setempat. Jangan lupa untuk mengecat, membersihkan dan mempercantik rumahmu.

Bila pesta akan diadakan di gedung, kamu harus melakukan pemesanan jauh berbulan-bulan sebelum tanggal pernikahan dan menyesuaikan dengan budgetmu karena biaya sewa gedung biasanya cukup tinggi.


Menentukan Tamu Undangan


tips mempersiapkan pernikahan sendiri: menentukan tamu undangan

Tips mempersiapkan pernikahan sendiri yang berikutnya adalah menulis dengan terperinci siapa saja yang akan kamu undang. Jumlah tamu yang akan diundang sangat menentukan dalam hal pemesanan catering, pemesanan undangan, kapasitas gedung, dsb.


Jangan takut untuk mencoret beberapa orang dari list-mu untuk mencegah pembengkakan jumlah tamu (hal itu sudah biasa!). Ingat bahwa satu undangan bisa saja dihadiri lebih dari satu orang, ini yang harus kamu perhatikan saat memesan catering.


Menentukan Daftar Pemesanan



tips mempersiapkan pernikahan sendiri: menentukan daftar pemesanan

Yang harus kamu pesan dan urus dari jauh-jauh hari sebelum tanggal pernikahan antara lain:

-Pemesanan undangan (tips: kirim 4-5 minggu sebelum acara)
-Pemesanan catering
-Pemesanan souvenir pernikahan
-Sewa meja kursi
-Sewa tenda (bila pernikahan dilakukan di rumah)
-Sewa sound system
-Sewa musik pengiring dan MC
-Sewa fotografer dan videografer
-Sewa jasa dekorasi / florist
-Sewa perias di hari-H
-Mengurus administrasi ke KUA


Mempersiapkan Kostum



tips mempersiapkan pernikahan sendiri: mempersiapkan kostum pernikahan

Putuskan apakah kamu akan menyewa pakaian atau menjahitkan pakaian. Jika kamu menyewa pakaian, tentukan di mana kamu akan menyewa pakaian dan lakukan jauh-jauh hari.


Jika kamu menjahitkan pakaian, sebaiknya kamu membeli bahan jauh-jauh hari dan mendatangi penjahit kepercayaanmu paling tidak 4 bulan sebelum hari pernikahan. Tukang jahit biasanya sepaket kengaretannya. Tentukan deadline jauh sebelum tanggal pernikahanmu yang sebenarnya (yep, kamu harus bo�ong, hehehe).

Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan yang akan dipakai berseragam oleh pagar ayu/pagar bagus/among tamu. Berilah waktu agar mereka bisa menjahitkan/mempermak bahan tersebut Jadi, kamu harus menyerahkan pada mereka jauh-jauh hari.


Mengurus Akomodasi Mempelai dari Luar Kota



tips mempersiapkan pernikahan sendiri: menyediakan akomodasi

Bila kamu atau pasanganmu punya keluarga dari luar kota, jangan lupa untuk mengecek transportasi dan memesankan penginapan mereka.


Mengurus Diri Sendiri (Jangan Kelupaan!)



tips mempersiapkan pernikahan sendiri: melakukan perawatan sebelum pernikahan

Kira-kira satu minggu sebelum pernikahan, lakukan lulur, facial dan segala perawatan tubuh. Lakukan juga pre marital check up satu hingga enam bulan sebelum pernikahan. Kira-kira satu minggu sebelum pernikahan, konfirmasikan sekali lagi semua pesanan sekedar untuk memastikan. Jangan lupa untuk memastikan pula tugas masing-masing kepanitiaan agar kamu bisa merilekskan pikiranmu. Yakinlah semua akan beres.

Dengan tips mempersiapkan pernikahan sendiritadi, Youngnesia berharap kamu bisa menghelat pernikahanmu sendiri tanpa perlu menghabiskan biaya membengkak di wedding organizer. Yuk jadi self wedding organizer!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar