Selasa, 03 Februari 2015

9 Hal yang Harus Dilakukan Sejak Semester 1 : Persiapan Sebelum Mulai Kuliah

Hal-hal yang harus dilakukan sejak semester 1 ini wajib diperhatikan oleh kamu-kamu yang baru masuk kuliah, bisa juga untuk jadi refleksi buat yang sudah lulus kemudian ingin melanjutkan sekolah lagi. Persiapan sebelum mulai kuliah bukan cuma alat-alat teknis saja, tetapi juga 9 hal berikut ini:


Sadarilah tujuanmu kuliah


tentukan dan raih tujuan kamu belajar di bangku kuliah

Ya, tujuanmu kuliah tentunya adalah mencerdaskan dirimu. Kuliah bukan sekedar menggugurkan kewajiban, ini adalah persepsi yang salah. Cerdaskanlah dirimu. Caranya? Ya tentu saja, menjalani setiap rangkaian kuliah sampai kamu paham benar apa yang diajarkan. Lulusan arsitek harus bisa menguasai skill arsitek, lulusan teknik perminyakan harus menguasai ilmu-ilmu perminyakan, begitu pula dengan jurusan lainnya.


Datang setiap hari


datang kuliah setiap hari tanpa absen untuk sukses kuliah

Datanglah kuliah setiap hari. Jangan membuat-buat alasan sehingga kamu bolos. Sekali kamu bolos kuliah, kamu akan ketagihan. Walaupun hanya satu pertemuan, akan ada begitu banyak hal yang kamu lewatkan.  Kebiasaan ini harus dilakukan sejak semester 1sampai kuliah benar-benar berakhir. Seandainya ada perkuliahan yang menurutmu membosankan, jangan jadikan alasan untuk bolos. Tetap masuk dan libatkan diri lebih dalam. Kebosanan muncul karena kamu terlalu tidak peduli.


Aktif dalam kelas


tips belajar di bangku kuliah aktif dalam kelas

Aktif dalam kelas bukan caper ya maksudnya. Aktif itu berarti menjadi bagian dari perkuliahan. Di dalam kelas, kamu adalah audience, maka jadilah audience yang baik. Dengarkan dosen, catat hal-hal penting, tanyakan yang tidak kamu pahami. Jangan hanya sekadar hadir untuk absen. Kamu juga harus melakukan persiapan sebelum mulai kuliah. Misalnya dengan membawa buku catatan, bolpoin yang enak buat nulis, stabilo, memo, atau membaca materi semalam sebelumnya.


Mengerjakan tugas sebaik mungkin


mengerjakan tugas individu maupun kelompok dengan baik

Kelihatannya sih sepele, cuma tugas paper mingguan yang nggak jelas apakah dosenmu bakalan ngebaca atau nggak. Tugas paper itu menjadi bagian penilaian loh. Dan dengan mengerjakan sungguh-sungguh, kamu bisa benar-benar mendapatkan manfaat dari tugas tersebut. Tujuan tugas bukan untuk menyengsarakan kamu, tapi untuk melatih kamu. Percaya deh.


Belajar tekun setiap hari


mempelajari yang sudah diajarkan dan mempersiapkan materi yang akan dibahas

Klise banget ya? Tapi sesungguhnya ini serius. Bacalah buku-buku yang menunjang perkuliahan kamu. Jangan hanya menerima dan membaca ppt dosen saja. Kembali lagi ke tadi, tujuan kamu kuliah adalah mencerdaskan diri kamu. Selain itu, dengan belajar tekun dan terprogram, kamu bisa mendongkrak IP kamu tanpa perlu melakukan cara-cara tidak sehat.


Mengembangkan skill penunjang yang berkaitan dengan jurusan


mengikuti pelatihan skill penunjang selain aktif di kampus

Ini paling penting. Saat kuliah, pikiran kita seolah tertuju hanya kepada materi ajar maupun mata kuliah yang harus kita ambil. Kita perlu tahu juga bahwa selain materi tersebut, kita masih harus belajar banyak hal di dunia kerja (soft skill). Salah satunya, kursus bahasa Inggris (TOEFL), desain grafis, desain web, dsb.


Melihat pekerjaan yang dicita-citakan sejak awal


menentukan cita-cita dan fokus dengan apa yang dicitakan

Saat sudah lulus dan kamu tengah melamar pekerjaan. Misalnya, kamu akan kaget kalau ternyata perusahaan impianmu membuka lowongan hanya untuk yang fasih berbahasa Jepang. Nah loh, belajar bahasa dadakan kan susah. Kalau sejak awal kamu pahami hal itu, kamu bisa sejak awal kursus bahasa Jepang. Hal ini berlaku juga untuk jenis pekerjaan yang lain.

Kenali dari awal kamu mau ke mana, sesudah itu bangunlah skill untuk mampu memasuki perusahaan tersebut sejak kamu masih duduk di semester-semester awal. Kalau kamu memang ingin freelance, bangunlah web portal dari sekarang atau pelajarilah ilmu marketing yang tepat untuk seorang pekerja freelance, agar kamu bisa mempersiapkannya dari jauh-jauh hari.


Mengikuti berbagai organisasi kampus maupun volunteering


mengikuti program volunteering untuk lebih berkesempatan mendapatkan beasiswa luar negeri

Mengikuti organisasi kampus maupun organisasi lain yang sifatnya volunteer sangat penting. Selain menambah kualitas CV kamu, berguna juga untuk yang ingin mengambil sekolah lagi ke luar negeri. Pernah berpartisipasi dalam kegiatan volunteer khususnya, akan menambah nilai kamu untuk lolos beasiswa ke luar negeri.


Bermain-main boleh saja, asalkan kamu tetap fokus


traveling untuk mengisi waktu pada saat liburan semester

Sejak masih kuliah kamu asyik bermain-main, traveling, jalan-jalan ke mall, wisata kuliner, dsb. Hal itu tidak disalahkan, hanya saja kamu nantinya akan sulit menyesuaikan diri ketika harus serius mengerjakan skripsi. Akibatnya, skripsimu akan tertunda karena begitu banyaknya hal lain yang biasa kamu lakukan, yang lebih menyenangkan daripada duduk diam memandang layar setiap hari. Latihlah dirimu untuk membedakan waktu untuk bermain dan waktu untuk fokus sejak masih di semester awal supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari.  

Yak, itu tadi 9 hal yang harus dilakukan sejak semester 1. Memang terdengar terlalu akademis ya? Tapi percaya deh, di kemudian hari kamu akan beruntung kamu sudah melakukannya sejak awal. Tetap semangat menuntut ilmu ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar