Sabtu, 21 Februari 2015

8 Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Jalan-jalan ke kawasan Jawa Tengah, jangan pernah lupa untuk singgah ke kota Pekalongan, salah satu kota kecil di Jawa Tengah. Berbicara soal Pekalongan, satu hal yang langsung terlintas dibenak kita pasti tentang batik. Pekalongan memang sudah dikenal sejak dahulu karena batiknya yang indah dan terkenal hingga ke luar negeri. Kota yang berada di jalur pantai utara Jawa ini memang mendapatkan julukan sebagai Kota Batik. Selain wisata belanja batik, Pekalongan ternyata juga mempunyai beberapa tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi. Berikut adalah tempat wisata di Pekalongan yang wajib kamu kunjungi!

Museum Batik Pekalongan

tempat wisata di pekalongan: museu batik pekalongan

Disebut kota batik, Pekalongan juga memiliki museum batik Pekalongan yang terletak di Jl. Jetayu. Museum ini wajib dikunjungi ketika berkunjung ke daerah ini. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, maka kamu perlu mengalokasikan waktu untuk bisa mengunjungi museum ini. Koleksi batik yang ada cukup lengkap, mulai batik kuno sampai batik-batik yang berasal dari seluruh Indonesia. Gedung museum batik ini merupakan gedung bekas balai kota dulu plus dengan gaya art deco, cukup memberikan kesan tempo dulu. Museum Batik Pekalongan ini adalah obyek wisata di Pekalongan yang recommended bagi pegiat budaya.

Curug Bajing

destinasi wisata alam pekalongan: curug bajing

Hobi bermain air dan ingin merasakan kesejukan suasana gunung, Curug Bajing yang ada di Desa Tlogopakis, Pekalongan ini wajib didatangi. Lokasinya tidak terlalu sulit, hanya butuh 1,5 jam untuk bisa sampai. Bahkan jalur masuknya pun bisa dilalui oleh kendaraan pribadi, sehingga tidak perlu khawatir masalah perjalanan. Sebelum bertemu dengan Curug Bajing, sepanjang perjalanan kita akan disuguhi view sawah dan hutan yang terbentang dengan dominasi warna hijau. Tidak aneh jika pemandangan ini menyerupai pemandangan sawah terasering di Bali. Curug Bajing adalah destinasi wisata alam Pekalongan yang recommended buat kamu pecinta alam.

Linggo Asri

tempat wisata alam pekalongan: linggo asri

Sering ke kawasan Puncak, Jawa Barat ? Linggo Asri bisa dibilang sama seperti kawasan Puncak. Lokasi wisata Pekalongan ini berada di ketinggian sekitar 800 mdpl dan terletak di perbatasan Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Banjarnegara. Biasanya Linggo Asri juga dijadikan sebagai tempat berkemah untuk bisa lebih dekat dengan alam dan suasana pedesaan yang asri.

Kebun Teh Pagilaran

tujuan wisata alam pekalongan: kebun teh pagilaran

Melihat lokasi wisata ini tentu kita akan teringat dengan kebun teh yang ada di Puncak. Hamparan tanaman teh ditambah udara yang sangat sejuk membuat objek wisata Kebun Teh Pagilaran di Pekalongan wajib dikunjungi. Untuk bisa mencapai Kebun Teh Pagilaran ini, jarak yang bisa ditempuh adalah 40 km dari pusat kota Pekalongan.

Curug Muncar

tempat wisata alam di pekalongan: curug muncar

Air Terjun yang letaknya di Lereng Gunung Ragajambangan ini memiliki keunikan tersendiri. Berada pada ketinggian 1249 m di atas permukaan laut menjadikan air terjun Curug Muncar ini menjulang anggun. Sebenarnya, banyak air terjun yang terdapat di sekitar lereng gunung Ragajambangan, tetapi Air terjun Curug Muncar ini salah satu yang besar dan yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Untuk mencapai lokasi tersebut, air terjun ini dapat ditempuh dari Kota Pekalongan sendiri sekitar 2 hingga 2,5 jam dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti sepeda motor ataupun mobil. Dikarenakan lokasi yang terletak di lereng gunung, untuk mencapai air terjun ini pun tidak mudah. Jalan yang naik turun, serta berkelak-kelok, membuat adrenalin terpacu dan memiliki kesan tersendiri. Jalan beraspal hanya sampai di jalan utama kecamatan, sehingga untuk sampai di lokasi harus berjalan kaki mendaki perbukitan

Gunung Rogojembangan

destinasi wisata di pekalongan: gunung rogojembangan

Tempat wisata alam di Pekalongan  berikutnya adalah Gunung Rogojembangan. Gunung ini masih berada satu lokasi dengan Curug Bajing di Kecamatan Petungkriyono dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Banjarnegara. Untuk mencapai puncak Gunung Rogojembangan diperlukan waktu selama kurang lebih 3 jam. Selama perjalanan tersebut kita akan melewati pemandangan hutan yang masih hijau dan juga Curug Muncar yang berada di lereng Gunung Rogojembangan. Selain itu kita juga bisa menjumpai tumbuhan kantung semar dan anggrek putih.

Pantai Pasir Kencana

tujuan wisata di pekalongan jawa tengah: pantai pasir kencana

Tidak kalah dengan Bali yang banyak memiliki objek wisata pantai, Pekalongan juga memiliki tempat wisata yang sama yaitu Pantai Pasir Kencana. Jaraknya yang hanya 4 km dari pusat kota Pekalongan membuat objek wisata ini banyak dikunjungi oleh wisatawan bersama keluarga. Pantai Pasir Kencana akan sangat ramai ketika musim liburan tiba, khususnya ketika perayaan Syawalan ( 1 minggu setelah Idul Fitri).

Desa wisata Lolong dan Sungai Sengkarang

desa wisata lolong dan sungai sengkarang: destinasi wisata pekalongan

Yang menjadi andalan dari tempat wisata yang terletak di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan ini adalah buah durian. Di desa ini terdapat banyak sekali perkebunan durian yang bisa dinikmati pada saat musim durian. Buat para pencintanya, durian sudah seperti buah yang berasal dari surga. Walaupun punya bau yang cukup menyengat, durian tetap punya banyak penggemar.

Selain itu, di Desa Lolong juga terdapat wisata adventure seperti river tubing di Sungai Sengkarang. Bagi sobat yang menyukai olahraga rafting tempat wisata alam di Pekalongan cukup memberi tantangan.

Jadi, ketika berlibur ke Pekalongan sempatkan untuk bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Pekalongan! Dijamin akan puas dan kembali ke rumah dengan perasaan yang tenang dan gembira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar