Rabu, 11 Februari 2015

8 Mie Khas Indonesia yang Patut Dicoba

Mie dipercaya berasal sejak ribuan tahun lalu dari daratan China, dan kini telah menyebar ke seluruh dunia dengan beraneka bentuk, rasa, jenis dan bahan dasar pembuatannya. Di Indonesia sendiri juga terdapat mie khas Indonesia  dan hampir setiap daerah memiliki olahan mie yang unik dan khas. Olahan-olahan mie ini bahkan telah menjadi ikon kuliner khas dari daerah-daerah tersebut. Keragaman bumbu dan rempah yang dimiliki kuliner nusantara telah menjadikan mie dapat dibuat dengan bermacam variasi yang sangat kaya. Meski bahan utamanya sama, namun bumbu dan lauk yang digunakan berbeda-beda, sesuai dengan makanan khas tiap daerah. Yuk melihat apa saja jenis mie citarasa Indonesia dengan keunikan tiap mie! Berikut adalah 8 Mie khas Indonesia:

Mie Aceh


Seperti makanan dari daerah Melayu, Mie Aceh banyak menggunakan rempah dan cabai. Mie Hokkien yang digunakan, dicampur dengan kuah mirip bumbu rendang, menjadikan sajian mie berkuah kental kemerahan.biasanya tersedia dalam dua jenis penyajian: Goreng dan Kuah. Dan pasti ada campuran, dan campurannya bermacam-macam: Udang, Daging, Jamur, Cumi-cumi, kepiting.

Mie Palembang atau Mie Celor


Mie khas daerah Sumatera Selatan dinamai mie celor, yaitu mie yang dicelor (diaduk) dengan taoge, plus saus campuran udang dan kelapa dan disajikan dengan telur, udang, serta bawang. Mie celor ini ukuran mienya besar-besar seperti mie aceh. Jika teman-teman dateng ke kota palembang wajib mencicipi mie khas indonesia yang satu ini.

Mie Bangka atau Mie Koba


Keistimewaan mie Bangka, salah satu mie asli Indonesia, adalah penggunaan banyak toge, dan tahu kok, sejenis baso tahu khas daerah Bangka. Kuahnya terbuat dari kaldu ikan tenggiri yang segar dan gurih dengan sedikit rasa manis dari ggula aren. Hampir mirip dengan Mie Bangka adalah Mie Belitung. Namun Mie Belitung menggunakan udang daripada irisan daging ikan.

Mie batam atau Mie Lendir


Mendengar namanya saja sudah meragukan, makanan seperti apa ini? Ternyata Mie lendir adalah Mie rebus dengan kuah kacang, sehingga kuahnya berlendir. Campuran Mie lendir adalah toge dan daun bawang. Rasanya gurih manis yang berpadu dengan irisan cabe rawit hijau yang ditaburi bawang goreng.

Mie Jawa atau Bakmi Jawa


Mie Jawa adalah mie telur yang direbus dengan kuah kaldu ayam, dicampur dengan kol dan telur. Bentuk lain dari mie Jawa kuah adalah mie Jawa goreng, dimana mie akan ditumis dengan bawang putih dan bumbu lain sebelum disiram kuah kaldu.

Mie Jakarta atau Mie Juhi


Mie Jakarta lebih sering dikenal sebagai mie juhi. Seperti namanya, mie telur yang telah direbus disajikan dengan potongan juhi, kol, risol, tomat serta disiram kuah.

Mie Menado atau Mie Cakalang


Manado terkenal dengan makanan hasil lautnya. Tak heran menu mie dari daerah ini pun punya ciri khas sajian ikannya, yaitu ikan cakalang. Hidangan mie yang telah dimasak dengan tuna akan disajikan dengan kuah dan dibubuhi abon cakalang. Jangan lupa, agar rasanya semakin �Manado�, mie dimakan dengan sambel super pedas, yaitu lombok hijau yang dicampur dengan cuka, air dan garam.

Mie Kering Makasar


Meski disebut mie kering, hidangan dari Makassar ini tetap disajikan dengan kuah. Resep mie kering terinspirasi menu I Fu Mie ala Tionghoa, dimana mie kecil akan dipanggang dulu hingga kering lalu disiram dengan kuah kental berisi sayuran dan daging.

Mie Ongklok


Mie ini berasal dari kawasan tinggi Dieng tepatnya wonosobo, Jawa Tengah. Mie kunig ditambah kol yang sudah direbus, kemudian diguyur dengan kuah jenang dari tepung kanji dan diberi cacahan daun kucai. Tak lupa taburan bawang goreng dan potongan cabe rawit. Biasanya Mie Ongklok ini disantap bersama sate ayam dengan bumbu kacang manis.

Tentu saja masih banyak lagi Mie Khas Indonesia lain dari seluruh nusantara yang belum terdaftar di sini. Mungkin sobat mau berbagi resep mie dari daerahnya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar