Selasa, 17 Februari 2015

Tips Menaklukkan Semester Baru: Siapa takut!

Diantara sobat Youngnesia sudah ada yang mulai masuk kuliah lagi? Kalo ada, tips menaklukkan semester baru ini bisa menjadi referensi kamu untuk menggambar masa depanmu selama semester. Bagi sobat yang belum memulai semester baru berbahagialah karena sobat mendapat bisa merancang rencana satu semester lebih matang, karena beberapa kampus justru telah memulai kembali perkuliahan pada minggu ini.
Kembali ke kampus berarti kita kembali lagi dari awal, tidak peduli berapa semester yang telah kita lalui. Daftar yang dilansir Youngnesia, tips menaklukkan semester baru akan membantumu mempersiapkan diri menghadapi semester yang baru.


Buat sistem manajemen waktu


Tips Menaklukkan Semester Baru: sistem manajemen waktu

Cara menaklukkan semester baru adalah dengan membuat sistem manajemen waktu. Manajemen waktu biasanya menjadi tantangan terbesar ketika kita kuliah. Buatlah sistem manajemen waktu yang sesuai untuk semua kebutuhan dan kesibukanmu, serta terapkan sejak hari pertama di semester ini.


Ambil beban kuliah sesuai kemampuan


Tips Menaklukkan Semester Baru: beban kuliah sesuai kemampuan

Tips Menaklukkan Semester Baru: beban krs sesuai kemampuan

Mengambil jatah SKS hingga maksimal agar cepat lulus adalah sebuah teori. Kenyataannya, ketika diterapkan, kita sering kali kewalahan menghadapi padatnya jadwal kuliah dengan berbagai tugasnya. Jika tidak bekerja keras, beban kuliah yang tinggi bisa membuat nilai IPK kita turun. Pertimbangkan baik-baik sebelum membuat perjanjian akademik dengan dosen walimu. Jika kamu memang harus mengambil banyak SKS semester ini, pastikan kesibukanmu di luar jam kuliah tidak menyita lebih banyak waktumu.


Tentukan target dan cara mencapainya


Tips Menaklukkan Semester Baru: tentukan target


Tips mempersiapkan semester baru, selanjutnya adalah kamu harus menganalisis penyebab kegagalan pada perkuliahan semester sebelumnya dan sudah siap menghadapi semester baru. Saatnya tentukan target-target yang ingin dicapai di semester ini. Oh iya, tidak hanya sampai di situ, target ini juga harus diselaraskan dengan usaha kalian ya.


Persiapkan buku kuliah


Tips Menaklukkan Semester Baru: persiapkan buku kuliah

Tidak memiliki buku teks pegangan utama suatu mata kuliah akan membuatmu tertinggal dalam pelajaran. Kamu bisa mempersiapkan kebutuhan buku kuliahmu dengan bertanya kepada senior, buku apa saja yang kamu butuhkan. Kemudian, kamu bisa membeli, meminjam kepada senior, atau menyewanya dari perpustakaan. Tips menaklukkan semester baru ini merupakan hal yang penting dalam menyambut semester baru.


Ikut kegiatan ukm (unit kegiatan mahasiswa) atau organisasi masyarakat


Tips Menaklukkan Semester Baru: ikut kegiatan ukm

Percaya atau tidak, kegiatan UKM ini bisa membuat penggunaan otakmu seimbang. Jika kuliahmu telah cukup padat tetapi kamu masih ingin melakukan hal lain di luar kuliah, pilihlah kegiatan ekstrakurikuler yang tidak terlalu menyita waktumu.


Merencanakan keuangan


Tips Menaklukkan Semester Baru: financial management

Kamu mungkin pintar dan sukses di kelas. Tetapi jika kondisi keuanganmu berantakan, kamu tidak akan mampu menyelesaikan kuliah, atau setidaknya semester ini. Pastikan kamu memiliki rencana keuangan yang baik di awal semester hingga saatnya ujian akhir semester (UAS) nanti.


Agendakan Traveling atau sekedar jalan-jalan


Tips Menaklukkan Semester Baru: rencanakan traveling

Merencanakan agenda hura-hura juga perlu, karena masa kuliah bisa jadi penuh tekanan. Selipkanlah agenda hang out dengan teman, nonton film, atau kegiatan outdoor di sela-sela kesibukanmu kuliah. Dengan begitu, kamu akan memiliki kesempatan untuk rileks ketika semua tekanan makin besar.

Tips Menaklukkan Semester Baru dan meraih prestasi

Tips menaklukkan semester baru, ini bisa sobat Youngnesia terapkan. Agar semester baru ini menjadi semester baru yang menyenangkan, berkualitas dan penuh prestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar