Jumat, 13 Februari 2015

8 Tips Mengatasi Kecanduan Gadget: Jangan Buang Waktumu!

Selain kita menyarankan supaya tidak kecanduan media sosial, kali ini Youngnesia ingin membahas tips mengatasi kecanduan gadget. Kenapa? Di era globalisasi besar-besaran ini, semua orang sepertinya tidak bisa lepas dari gadgetnya. Saat sedang ngedate, sedang makan, sedang jalan-jalan, sepertinya gadget selalu menjadi bagian yang tak bisa terlepaskan. Yang jauh menjadi dekat, tapi yang dekat menjadi jauh. Bagaimana melepaskan diri dari gadget? Yuk simak:


Sibukkan dirimu dengan kegiatan outdoor yang tidak melibatkan gadget



Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melepaskan diri dari gadget. Carilah hobi yang melibatkan pergerakan tubuh kamu. Misalnya, fitness, yoga, senam aerobik, traveling, jalan-jalan ke mall, ngopi di coffee shop, dan segala macam hal lainnya. Keluarlah dari tempatmu biasa menggua. Real life is out there!


Habiskan waktu dengan orang-orang yang kamu sayangi



Pelarianmu ke gadget, salah satunya disebabkan oleh tidak adanya orang yang bisa diajak bicara. Dahulu orang bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang lain. Misalnya, menanyakan jalan, kebetulan bertemu di toko buku, dan bahkan dari percakapan sederhana itu mereka bisa berkenalan dan menjadi teman. Ajaklah teman-teman lamamu untuk ngopi bareng. Banyaklah berbicara secara langsung dengan manusia. 


Gunakan waktu untuk membersihkan dan menata tempat tinggal



Kalau kamu tinggal di rumah, kamu bisa menghabiskan waktumu untuk menyelesaikan pekerjaan rumah mulai dari mengepel, menyeterika, mengelap perabot, mencuci mobil, mencuci motor, mencuci baju, dsb. Siapa yang punya kamar berantakan? Mungkin ini saatnya kamu membersihkannya sampai tidak ada sejumput debu pun tersisa.


Jangan gunakan gadget saat sedang berkomunikasi sosial



Ketika kamu bersama temanmu, di tempat kerja, di sekolah atau di kampus, pastikan untuk menaruh gadgetmu di dalam tas. Hiruplah udara segar dan pastikan kamu benar-benar berbicara dengan mereka dan menyimak apa yang mereka ceritakan. Tips mengatasi kecanduan gadget ini akan mampu menyegarkan pikiranmu untuk lebih terjaga dengan dunia nyata.


Batasi waktu penggunaan gadget



Coba deh liat posting ini. Salah satu aplikasi android yang direkomendasikan adalah Breakfree Cellphone addiction. Dengan aplikasi itu kamu bisa menghitung berapa lama kamu menggunakan gadgetmu dalam sehari sekaligus berapa kali kamu mengaktifkan gadgetmu dari keadaan terkunci. Memiliki bayangan yang akurat soal tingkat kecanduanmu akan membuatmu lebih semangat untuk mengatasinya.


Lebih berani menghadapi hidup



Tanyakan padamu kenapa kamu lari ke gadgetmu sepanjang waktu? Apakah ada sesuatu yang seharusnya kamu kerjakan? Apakah ada sesuatu yang seharusnya kamu selesaikan? Apakah ada sesuatu yang membuatmu sedih? Temukan jawabannya dan beranilah untuk bersegera menyelesaikannya. Real life is out there! (Eh tadi kan udah ya?) Jangan jadikan gadget sebagai pelarianmu dari kewajiban-kewajiban yang seharusnya kamu lakukan.


Lakukan hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan tanpa gadget



Ingin membeli buku? Pergilah ke toko buku, jangan membeli ebook. Ingin ngobrol dengan teman segengmu? Ajaklah mereka ketemu, jangan hanya group chat saja. Ingin beli baju? Belilah di mall, jangan pesan online terus-menerus. Untuk yang kesekian kalinya, real life is out there! Lakukan secara nyata hal-hal yang seharusnya bisa dilakukan tanpa gadget.


Manfaatkan gadgetmu sesuai fungsinya



Yak, bagaimanapun juga, penggunaan gadget tidaklah bisa dihindari. Gunakan gadget untuk berkomunikasi sewajarnya. Install-lah aplikasi yang tepat yang bisa menunjang produktivitasmu dan bukannya menguranginya. Kamu bisa cek aplikasi apa saja yang bisa recommended buat kamu di sini.

Setelah membaca 8 tips mengatasi kecanduan gadget tadi, apakah kamu jadi terinspirasi untuk segera mengubah kebiasaanmu? Share perjalanan kamu di kolom komentar ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar