Minggu, 01 Maret 2015

Tips Menjadi Survivor: Tersesat Saat Pendakian Gunung

Banyak diantara kalian yang gemar mendaki. Selain untuk mendapati pemandangan alam yang begitu indah, kamu juga pasti tertarik dengan kesan adventure yang kental. Mendapatkan hal yang indah memang selalu ada resikonya. Salah satu resiko yang harus siap dihadapi adalah salah mengambil jalan dan akhirnya tersesat. Pada saat tersesat inilah skill kamu tertantang. Supaya bisa selamat dan lolos dari penjara alam, ikuti beberapa tips menjadi survivor berikut ini.


Bersikap tenang dan duduk sejenak

tips menjadi survivor: duduk tenang sejenak saat tersesat

Pada saat ketika kamu sadar bahwa kamu ada pada posisi yang salah, kamu pasti akan merasa bingung dan panik. Tips menjadi survivor yang pertama dan paling utama adalah tetap bersikap tenang. Duduk dan istirahat sebentar sambil mengingat-ingat kembali jalan yang telah dilaluinya.


Berpikir jernih

cara menjadi survivor: berpikir jernih dan siapkan planning matang

Jika kamu berhasil bersikap tenang pada saat tersesat, otomatis kamu akan lebih mudah untuk berpikir jernih, yaitu berpikir untuk menentukan sikap. Jika kamu mendaki bersama teman-teman kamu, cari jalan keluar dengan berdiskusi dan membuat planning dengan jelas. Hindari sikap egois dan apatis.


Pengecekan

tips mendaki gunung saat tersesat: perhitungkan bekal makanan yang ada
Bento Mania

Salah satu bagian dari perencanaan menemukan jalan keluar adalah dengan mengobservasi keadaan sekitar. Temukan jalur terdekat menuju puncak. Selain itu, pertimbangkan juga bekal makanan dan minuman yang ada sehingga kamu dan tim punya kesempatan yang sama untuk selamat.


Menuju puncak

cara agar tidak tersesat saat mendaki dengan memberi tanda

Setelah dilakukan pengecekan, cara menjadi survivor berikutnya adalah dengan melanjutkan perjalanan menuju ke puncak. Selama di perjalanan, gunakanlah penanda sebagai patokan jalan yang sudah dilalui. Penanda adalah suatu cara agar tidak tersesat saat mendaki. Setelah sampai di puncak, kamu akan lebih mudah mencari jalan ke luar karena setiap jalur pendakian akan tertuju pada satu puncak tersebut.


Perjalanan turun

tips menjadi survivor: segera turun setelah menemukan jalannya

Setelah menemukan jalan yang benar untuk kembali, bersiaplah untuk melanjutkan perjalanan turun dari puncak, pastinya setelah kamu merasa puas berada di puncak. Yang perlu dipertimbangkan adalah energi dan bahan makanan yang ada. Jika semuanya terbatas, segera lanjutkan perjalanannya karena jika tidak hati-hati, kamu bisa kembali tersesat. Lalui perjalanannya dengan cermat, jangan sampai salah ambil jalan lagi.

Itulah beberapa tips menjadi survivor. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah jangan mengkonsumsi mie instan saat kamu mendaki gunung, kecuali jika kamu yakin kamu tidak akan tersesat. Kenapa? Karena mie instan dapat menarik cairan tubuh dengan sangat cepat, sementara saat mendaki kamu memerlukan banyak cairan dan perlu menghemat cairan tubuh. Semoga tips mendaki gunung Youngnesia ini bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar