Rabu, 11 Maret 2015

Ayo Jelajah Wisata Alam di Karanganyar!

Wisata alam berikutnya yang akan Youngnesia rekomendasikan adalah wisata alam di Karanganyar. Karanganyar adalah salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada di timur kota Surakarta.

Wisata di karanganyar menawarkan wisata alam pengunungan yang asri. Keindahan alam yang dimiliki Karanganyar sangat direkomendasikan bagi Sobat untuk mengisi liburan sekolah atau semester untuk menikmati keindahan alam agar pikiran dan hati kamu menjadi fresh kembali saat masuk sekolah atau kuliah.  Berikut adalah daftar wisata alam di Karanganyar:


Grojogan Sewu


wisata alam di karanganyar: grojogan sewu

Grojogan Sewu adalah wisata alam karanganyar yang terletak di Kalisoro Tawangmangu. Air terjun ini berada pada ketinggian 1.100 m dpl dengan tinggi sekitar 81 meter. Di daerah ini selain bisa untuk berlibur, juga bisa digunakan sebagai tempat pertemuan ataupun kegiatan outbound bersama karena di kompleks grojogan sewu disediakan wisma yang dapat disewa oleh masyarakat.


Air Terjun Jumong


wisata alam di karanganyar: air terjun jumong

Air terjun yang berada pada ketinggian 1.000 dpl merupakan wisata alam karanganyar yang memiliki ketinggian 20 meter. Wisata alam ini memiliki lingkungan yang alami dan pepohonan yang besar yang berada di lembah Gunung Lawu.

Di sepanjang jalan menuju air terjun jumong mata kamu bakalan dimanjakan dengan perkebunan bunga krisan dan tanaman hias lain seperti jemani, pillow katak dan sebagainya.


Air Terjun Parangijo


wisata alam di karanganyar: air terjun parangijo

Air terjun ini terletak di lereng gunung Lawu tepatnya terletak di dusun Munggur Desa Girimulyo, Kecamatan Ngagoyoso dan memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini memiliki jarak 20 menit jika ditempuh dari kawasan wisata candi ceto. Tiket masuk ke kawasan ini adalah Rp 2.500 dan untuk parkir kendaran sebesar Rp. 1000


Candi Ceto


wisata sejarah di karanganyar: candi ceto

Candi Ceto adalah obyek wisata alam karanganyar yang berada di ketinggian 1.400 dpl. Dibangun pada abad XV oleh Raden Brawijaya V. Candi berundak yang menghadap ke barat, menjadi simbol berakhirnya kerajaan Majapahit. Candi ini terdiri dari 13 teras berundak yang tersusun dari barat ke timur.

Gapura candi yang menjulang menjadi ciri khas yang dimiliki candi ini. Di beberapa teras terdapat beberapa pendopo dan bangunan dari kayu tempat arca Brawijaya V dan pengawalnya, serta arca Lingga. Di sebelah timur kompleks candi Ceto terdapat sebuah meru yang didalamnya menyimpan sebuah lingga dan yoni yang terbuat dari tanah liat.


Candi Sukuh


wisata sejarah di karanganyar: candi sukuh

Candi Sukuh adalah candi terakhir yang ditemukan di Jawa, yang berada 12 Km dari Candi Ceto. Candi ini dibangun pada abad ke 15 oleh Raden Brawijaya V. Bangunan Candi Sukuh berbentuk piramida terpancung yang bisa dinaiki hingga puncaknya. Candi ini digunakan sebagai tempat pemujaan dan tempat ritual keagamaan bagi umat Hindu.

Di kompleks Candi Sukuh terdapat pintu gerbang utama dengan hiasan kepala raksasa dan candi-candi kecil dengan berbagai relief-relief yang terkesan erotis serta memiliki banyak keunikan baik mengenai tata ruang, bentuk serta hadap candi.


Sapta Tirta Pablengan


obyek wisata alam karanganyar: sapta tirta pablengan
www.SwetaDwipa.Blogspot.com

Sapta tirta Pablengan adalah wisata alam daerah karanganyar yang sesuai dengan namanya sapta maka terdapat tujuh mata air yang berbeda karena hasil dari fenomena alam dari sebuah gunung berair. 7 buah mata air ini yaitu: air Blenga, air mati, air urus-urus, air kasekten, air soda dan air tenang.

Masing-masing sumber mata air memiliki rasa dan khasiat yang berbeda-beda. Sapta Tirta Pablengan adalah wisata alam di Karanganyar yang syarat akan sisi spiritual dan mistis karena sejarah keberadaannya yang sangat erat dengan Pangeran Sumber Nyawa.


Agro Wisata Kebun Teh Kemuning


wisata alam daerah karanganyar: kebun teh kemuning

Wisata alam di Karanganyar selanjutnya adalah Kebun Teh Kemuning yang berada di Kecamatan Ngargoyoso dan Jenawi, tepatnya berada di pinggir jalan utama Karanganyar-Sragen via Ceto. Kebun Teh Kemuning berada di belakang gunung lawu, menjadikan pemandangan di daerah ini sangat menakjubkan dan bisa membuat pikiran menjadi tenang.

Di area ini kamu dapat melakukan berbagai aktivitas seperti tracking, bersepeda, berkuda, paralayang, terjun layang, camping ataupun kegiatan outbound yang lain. dengan adanya rest area di sekitar daerah ini jadi kamu jangan khawatir kelaparan atau kehausan, sehingga kamu bisa mampir di salah satu rest area dan menikmati hangatnya teh dan panorama kebun teh yang indah.

Jika kamu datang bersama anak kecil, kamu juga bisa mengajak mereka untuk melihat proses pembuatan teh di pabrik teh Kemuning.


Sondokoro


destinasi wisata karanganyar: sondokoro

Wisata alam daerah karanganyar terakhir adalah Sondokoro berada di komplek pabrik gula Tasikmadu. Sepur tebu merupakan atraksi utama yang ditawarkan di Sondokoro ini, sepur ini merupakan sepur kuno yang digerakkan dengan mesin uap tahun 1700 buatan Jerman. Selain berlibur dengan menikmati wisata klasik dengan menaiki sepur kuno, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti renang, flaying fox dan lain-lain.

Semoga wisata alam di Karanganyar diatas dapat membantu kamu? Dalam menentukan tempat yang hendak kamu eksplor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar