Sabtu, 07 Maret 2015

Kalo Jalan-Jalan Ke Sumbawa Jangan Lupa Makanan Khas Sumbawa Ini

Kali ini Youngnesia akan membahas mengenai makanan khas Sumbawa. Sumbawa adalah nama salah satu pulau di Nusa tenggara barat. Sumbawa, merupakan pulau terbesar di NTB. Cita rasa makanannya pun sangat fariatif karena dipengaruhi oleh suku bugis, sasak dan bima.

Kalo Sobat Youngnesia, jalan-jalan ke Sumbawa jangan lupa untuk mencicipi makanan khas Sumbawa berikut ini:


Palumara

makanan khas sumbawa: palumara

Salah satu sajian masakan khas sumbawa paling digemari di Sumbawa adalah Palumara. Mirip dengan masakan Bugis-Makasar, versi Sumbawa juga menggunakan ikan sebagai bahan bakunya. Sebagai wilayah yang dikelilingi pantai, laut, dan teluk yang kaya akan sumber daya alam dari laut.

Palumara santa atau ikan kuah santan menggunakan ikan tongkol, ikan cakalang, atau ikan kakap sebagai bahan utama. Sekalipun jarang disajikan dengan potongan daging ikan beserta tulangnya, namun yang paling populer adalah palumara dari kepala ikan yang berukuran besar.

Kesegaranya diperoleh dari rasa asam tomat merah dan belimbing wuluh. Sentuhan samar-samar rasa gurihnya didapat dari bawang putih. Penggunaan kunyit membuat sajian ini tampil cantik dan beraroma khas. Selain ikan laut, ikan bandeng juga biasa digunakan sebagai bahan palumara.

Ada banyak warung makan yang menyediakan menu masakan khas sumbawa ini, khususnya di kawasan wisata Pantai Lakey dan daerah Dompu, Kabupaten Sumbawa Besar.


Singang

makanan khas sumbawa: singang

Hidangan masakan khas sumbawa berupa ikan berkuah lain yang juga populer adalah Singang yang mirip gulai ikan. Sebelum dimasak, ikan bandeng atau kakap dipotong-potong sesuai selera. Sedangkan bumbunya terdiri dari bawang merah, kemiri, daun kunyit diiris tipis untuk menghilangkan aroma anyir ikan.

Untuk memasaknya, semua bumbu dihaluskan dan dicampur dengan asam jawa lalu ditumis hingga aromanya keluar. Setelah bumbu dididihkan dengan air, barulah ditambahkan ikan ke dalamnya. Tambahan daun kemangi dan cabai rawit memberikan aroma dan warna yang memikat.

Dari tampilannya saja, kuah Singang sudah cukup menggugah selera. Warna kuah yang kekuningan dipadu dengan warna hijau daun kemangi dan warna merah cabe rawit menjadikan masakan terlihat segar. Cita rasa asam khas jawa juga membuat hidangan ini sangat lezat. Begitu banyak warung makan di Sumbawa yang menyediakan hidangan lezat ini.


Sepat

makanan khas daerah sumbawa: sepat

Sumbawa juga menyimpan kuliner khas nan lezat lainnya, yakni ikan Celup Kuah Sepat. Ini adalah makanan khas pulau sumbawa dengan bahan utama ikan bakar yang disajikan dengan nasi, sambel tomat dan irisan mentimun. Ikan yang dipilih biasanya jenis ikan kakap atau ikan baronang.

Cara menikmati makanan khas pulau sumbawa dengan cara daging ikan bakar disuwir lalu dicelupkan ke dalam kuah sepat dan dicocolkan de dalam sambal tomat. Rasanya lengkap manis beraroma asap dari ikan bakar, asam dari kuah sepat dan pedas dari sambal tomat menambah eksotika rasa pada makanan ini.

Kuah sepat terdiri dari terung atau terong, mangga muda dan aru (daun serupa daun kemangi), mentimun, belimbing wuluh, tomat, kemiri dan asam sumbawa. Semua bahan kuah diletakkan di dalam mangkuk lalu dicampur air hangat. Kuah sepat disajikan tanpa dimasak terlebih dahulu sehingga rasanya asam dan segar. Ikan kuah sepat ini bisa kamu cicipi jika jalan-jalan ke daerah Pantai Goa.


Uta Londe Puru

makanan khas daerah sumbawa: uta londe puru

Bukan hanya hidangan ikan berkuah yang menggiurkan dari Sumbawa. Ada pula makanan khas pulau sumbawa, Uta Londe Puru (Ikan Bandeng Bakar) yang ikannya kebanyakan didapat dari ombo atau tambak.

Diracik dari ikan bandeng ukuran besar yang hanya dibuang empedunya saja. Ikan kemudian disalut bumbu berupa garam lalu dipanggang di atas bara api hingga matang di kedua sisinya. Setelah setengah matang ikan dicelupkan ke dalam larutan garam dan dipanggang kembali hingga matang. Asalkan ikannya segar, cita rasanya gurih dan manis. Sangat pas disajikan bersama sambal kecap dan potongan jeruk lemon cui.

Untuk menikmati hidangan ini kamu tinggal mampir atau jalan-jalan ke daerah Bima.


Uta Janga Puru

makanan khas daerah sumbawa: uta janga puru

Kalau lombok punya koleksi ayam taliwang, makanan khas pulau sumbawaini juga tak kalah dengan ayam taliwang yaitu Uta Janga Puru-nya. Serupa dengan ayam taliwang, ayam yang agak besar hanya dibersihkan dan dibelah di bagian dada (bekak). Ayam dibumbui bawang merah, bawang putih, merica putih dan garam yang sudah dicampuri minyak sayur. Lalu dibakar di atas bara api hingga matang dan kecoklatan di kedua sisinya.

Setelah matang siap dihidangkan panas-panas dengan sambal dhoco sia dungga (sambal bawang). Kalau suka yang agak manis bisa ditambah dengan olesan madu sebelum ayam di panggang. Makanan khas Sumbawa ini banyak di jumpai di daerah pantai Goa.


Uta Maju Puru

makanan khas pulau sumbawa: uta maju puru

Bagi yang belum pernah tahu rasanya mencicipi daging rusa, sepertinya tak boleh melewatkan makanan khas Sumbawa yang satu ini. Uta maju Puru adalah dendeng daging rusa yang diproses lewat pengeringan dan dipanggang di atas bara api.

Tak seperti dendeng di tempat lain yang menggunakan ketumbar dan gula, dendeng daging rusa yang dipanggang ini hanya berbumbu garam. Meski begitu, rasanya tak perlu diragukan lagi. Gurih dan sedap.

Cara mematangkannya, dendeng maju kering dibakar si atas bara api hingga kecoklatan, diangkat lalu ditumbuk dan dibakar lagi sejenak. Hidangan ini mudah ditemukan di beberapa toko oleh-oleh disana.


Uta Mbeca

makanan khas daerah sumbawa: uta mbeca

Ada banyak ragam makanan khas daerah sumbawa berjenis sayuran. Tapi rasanya tak ada yang mengalahkan popularitas sayur daun kelor. Daun kelur ini biasa disayur bening yang disebut Uta Mbeca Ro�o Parongge. Bumbunya seperti sayur bening lain yaitu bawang merah, gula dan garam dan ditambah temu kunci hingga cita rasanya khas.

Tak hanya sayur bening daun kelor juga dapat diolah ke dalam sayur asam daun kelor (Uta Mbeca Saronco Wua Parongge) kebiasaan di sana, bila daun kelor sudah menipis di pohon, ditambahkan bemea atau okra ke dalam sayur ini. Rasanya mirip dengan sayur ini. Rasanya mirip degan sayur asam, hanya lebih asam karena air asam yang dominan. Makanan ini banyak ditemukan di daerah Bima ataupun Dompu.


Mbohi Jame, Tumi sepi dan Sambal parado

makanan khas sumbawa: mbohi jame

Tak berbeda dengan meja kuliner Nusantara lain, ada banyak sambal pelengkap dalam makanan khas daerah sumbawa. Ada Mbohi Jame, berbahan teri basah segar. Rasanya pedas dan segar tomat dengan cita rasa daun kemangi.


makanan khas sumbawa: tumi sepi

Ada pula Tumi Sepi atau sambel tumis Udang Rebon, dan daun Dhoco Toma alias Sambal Tomat dengan campuran irisan mentimun. Cocok dihidangkan bersama sayur asam atau sayur bening daun kelor.


makanan khas sumbawa: sambal parado

Jenis sambal lainnya adalah Sia Dungga (sambel bawang) serta Mbohi Dungga atau sambel fermentasi jeruk nipis. Populer juga sebagai Sambel Parado. Disebut begitu karena sambel ini diproduksi di daerah Parado, Bima. Parado adalah buah jeruk yang dipanen untuk diambil kulitnya dan dibuat sambel.

Bagaimana sobat? Kamu tertarik untuk mencoba makanan khas sumbawa di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar