Selasa, 17 Maret 2015

Tempat Wisata Di Purworejo Cukup Lengkap: Tidak Hanya Menawarkan Pantai Lho!

Youngnesia kali ini akan memperkenalkan tempat wisata di Purworejo. Purworejo adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah, yang juga menyimpan banyak keindahan alam nan mempesona. Jika kamu kebetulan dan berencana hendak pergi ke Purworejo, datanglah ke destinasi wisata di Purworejo berikut:


Curug Silangit


obyek wisata di purworejo jawa tengah: curug silangit

Curug Silangit adalah tempat wisata di Purworejo yang terletak di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Puworejo. Obyek wisata di Purworejo ini dinamakan Curug Silangit karena Curug Silangit memiliki ketinggian curug atau air terjun yang mencapai 50 meter dan dibagi atas tiga tingkatan.

Curug paling atas memiliki ketinggian 30 meter, curug kedua dan ketiga masing-masing memiliki tinggi 10 meter. Curug ini memiliki kedalaman kedung yang sangat dalam, jadi jika kamu hendak bermain air sebaiknya hati-hati. Akses Curug Silangit dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi.


Goa Seplawen


tempat wisata alam di purworejo: goa seplawen

Goa Seplawen adalah obyek wisata di Purworejo yang terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing. Jarak lokasi Goa dengan pusat kota Purworejo adalah 20 Km dengan ketinggian 700 meter dpl. Goa ini memiliki ciri khusus berupa ornamen yang khas yaitu stalaktit, stalakmit, flow stone, helekit, soda straw, gouwer dam dan dinding goa berornamen seperti bentuk kerangka ikan.

Panjang Goa Seplawen sekitar 700 meter dengan cabang goa sekitar 150-300 meter dan berdiameter 15 meter. Nilai lebih dari goa ini adalah di goa ini pernah ditemukan arca emas Dewa Syiwa dan Dewi Pawestri seberat 1,5 kg pada tanggal 28 Agustus 1979, dimana arca tersebut kini disimpan di Museum Nasional Jakarta.


Hutan Alam Purworejo


obyek wisata di purworejo: hutan alam purworejo

Tempat wisata di Purworejo lainnya adalah Hutan Alam Purworejo. Hutan ini adalah tempat wisata alam di Purworejo yang tepat bagi kamu pecinta olahraga outbond dan kegiatan adventure lainnya. Hutan ini adalah hutan yang dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah Purworejo, dengan keindahan hutan pinus dan kebun binatang mininya. Hutan Alam Puworejo atau Kusumo Asri ini terletak di Desa Mayungsari, Kecamatan Bener.


Pantai Jatimalang


tempat wisata di purworejo: pantai jatimalang

Purworejo merupakan kabupaten yang terletak di bagian selatan Provinsi Jawa Tengah. sehingga memiliki potensi alam laut yang menambah pesona kabupaten ini. Salah satu tempat wisata alam di Purworejo yang terkenal di Purworejo adalah Pantai Jatimalang. Pantai Jatimalang berada di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi.

Jika kamu ingin datang ke Pantai ini, kamu harus menempuh jarak sekitar 18 km dari pusat Kota Purworejo. Pantai Jatimalang ini menawarkan keindahan pantai laut selatan yang memiliki ombak yang besar, namun kamu masih bisa bermain di pantai dengan pasir hitamnya.


Pantai Ketawang


tempat wisata di purworejo: pantai ketawang

Pantai Ketawang merupakan tempat wisata di Purworejo yang masih asri dan natural. Pada saat tertentu di pantai ini diadakan lomba balap kuda yang diadakan oleh warga setempat. Pantai yang berada di Desa Ketawang, Kecamatan Grabag ini memiliki jarak sekitar 22 Km dari pusat Kota Purworejo.


Masjid Agung Purworejo


destinasi wisata di purworejo: masjid agung purworejo

Hampir daerah di Indonesia, yang memiliki jumlah muslim mayoritas memiliki masjid agung, termasuk Purworejo. Keunikan Masjid Agung Purworejo ini adalah bedugnya tertua di Purworejo karena dibuat pada tahun 1800an dan memiliki diameter 2 meter. Keunikan lainnya dari bedug ini adalah waktu penabuhan bedug ini hanya dilakukan saat hari raya dan selama bulan ramadhan saja.


Museum Tosan Aji


tempat wisata di purworejo: museum tosan aji

Obyek wisata di Purworejo Jawa Tengah lainnya adalah Museum Tosan Aji. Museum yang dikenal dengan Museum Pusaka ini adalah tempat wisata yang menyimpan nilai dan pengetahuan sejarah. Dalam museum ini terdapat banyak peninggalan pusaka jaman kerajaan di Jawa.


Nah, demikian ulasan mengenai tempat wisata di Purworejo yang dapat menjadi pertimbangan Sobat Youngnesia saat berkunjungan ke Purworejo. Jika Sobat menemukan tempat wisata lain bisa komen di kolom komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar