Jumat, 13 Maret 2015

Jangan Ganggu Otak, Dengan Melakukan 11 Kebiasaan Buruk Yang Bisa Mengganggu Kerja Otak

Sahabat, kali ini Youngnesia akan memberikan informasi mengenai kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kerja otak. Otak merupakan salah satu bagian dalam anggota tubuh yang memiliki peran sangat penting. Mekanisme kerja otak pastinya mempengaruhi seluruh organ tubuh kamu. Kerja otak ini tergantung juga pada kegiatan yang kita lakukan dari hal makanan hingga aktifitas lainnya.

Berikut adalah 10 kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kerja otak:


Tidak sarapan Pagi


kebiasaan buruk yang mengganggu kerja otak: tidak sarapan

Kebiasaan buruk yang merusak otak pertama adalah tidak sarapan pagi. Mereka yang tidak mengkonsumsi sarapan pagi memiliki kadar gula darah yang rendah, yang akibatnya suplai nutrisi ke otak menjadi kurang. Bagi sobat Youngnesia yang sibuk sekali bisa mencoba untuk membuat sarapan yang mudah ini, dan bagi kamu yang biasa nggak sarapan cobalah untuk memulai kebiasaan sarapan di pagi hari dengan minum segala susu.


Makan terlalu banyak


kebiasaan buruk yang mengganggu kerja otak: makan terlalu banyak

Kebiasaan buruk yang merusak otak berikutnya adalah terlalu banyak makanan, apalagi yang kadar lemaknya tinggi. Karena kadar lemak yang tinggi pada makanan dapat berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah. Akibatnya kemampuan kerja otak akan menurun.


Merokok


kebiasaan buruk yang merusak otak: merokok

Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang merusak otak. Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat. Selain itu juga dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer pada masa tua nanti.


Mengkonsumsi gula terlalu banyak


kebiasaan buruk yang merusak otak: terlalu banyak makan gula

Konsumsi gula yang terlalu banyak adalah kebiasaan buruk yang membuat otak mengecil yang dapat mengakibatkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.


Menghisap polusi udara terlalu sering


kebiasaan buruk yang merusak otak: menghisap polusi udara

Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi termasuk dalam kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kerja otak  yang dapat menurunkan persediaan oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.


Kurang tidur


kebiasaan buruk yang merusak otak: kurang tidur

Kebiasaan buruk yang dapat merusak otaklainnya yaitu kurang tidur. Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak. Pada jangka waktu dekat, kekurangan tidur juga dapat mengganggu daya pikir kamu.


Menutup kepala saat tidur


kebiasaan buruk yang mengganggu kerja otak: menutup kepala saat tidur

Kebiasaan tidur dengan menutup kepala adalah salah satu kebiasaan buruk yang dapat merusak otak . Karena dapat meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen dalam otak. Hal ini dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak karena otak kekurangan konsentrasi oksigen.


Menggunakan pikiran saat sakit


kebiasaan buruk yang mengganggu kerja otak: menggunakan pikiran saat sakit

Bekerja terlalu keras atau memaksakan untuk menggunakan pikiran saat sedang sakit, ternyata dapat menyebabkan berkurangnya efektifitas otak serta dapat merusak otak.


Kurang menstimulus pikiran


kebiasaan buruk yang mengganggu kerja otak: kurang menstimulus pikiran

Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak kita. Kurangnya stimulus pada otak menyebabkan mengerutnya dan mengerasnya pathway pada otak kita. Akibatnya kita akan lebih susah belajar hal-hal yang baru.


Jarang berkomunikasi


kebiasaan buruk yang mengganggu kerja otak: jarang berkomunikasi

Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memacu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efisiensi otak. Jarangnya berkomunikasi akan menyebabkan kemampuan intelektual otak jadi kurang terlatih, atau otak menjadi lemot.


Tak Suka makan Sayur, kacang dan buah


kebiasaan buruk yang mengganggu kerja otak: tidak suka makan sayur dan buah

Jika kamu termasuk tergolong sama orang yang nggak makan sayur atau buah, itu rugi. Karena jika kamu kekurangan sayur-sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan dapat berdampak buruk dengan menurunnya kerja otak karena kurangnya asupan nutrisi pada otak. So, mulai sekarang mulailah gemari yang namanya sayur-sayuran, dan buah-buahan karena bisa melancarkan kerja otak kita.

So, mulai sekarang stop lanjutkan kebiasaan buruk yang bisa mengganggu kerja otak di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar