Sabtu, 14 Maret 2015

Jangan Lupa Mencicipi Makanan Khas Pasuruan Ini Saat Bertandang ke Pasuruan

Sobat Youngnesia, selain berjelajah di tempat-tempat wisata di Pasuruan, kamu juga perlu merasakan makanan khas Pasuruan. Pasuruan memiliki beberapa makanan khas yang memiliki cita rasa tinggi khas Indonesia yang penuh dengan rempah-rempah. Berikut adalah daftar makanan yang patut kamu coba:


Rawon


makanan khas pasuruan: rawon

Rawon adalah makanan khas Pasuruan yang cukup terkenal di jawa timur dan bahkan di seluruh Indonesia. Makanan ini terbuat dari daging dan berkuah hitam. Bumbu rawon  terbuat dari campuran bawang putih, bawang merah, tumbar, jinten, dan jeruk purut, sere, laos, kunir dan kluwek. Kluwek dalam campuran bumbu dalam rawon inilah yang menyebabkan kuah rawon berwana hitam.


Sate Komoh


masakan khas pasuruan: sate komoh

Sate komoh dalah salah satu masakan khas pasuruan yang biasa disandingkan bersama rawon. Sate komoh berbeda dengan sate-sate di Indonesia lainnya, karena daging pada sate ini berukuran monster. Ukurannya bisa mencapai sebesar ukuran kepalan tangan. Kelebihan sate ini adalah dagingnya yang empuk dan lunak walaupun ukurannya yang monster, karena sebelum dipanggang, daging pada sate ini sudah dimasak dalam rendaman bumbu dan rempah-rempah.


Kupang & Sate Kerang


masakan tradisional khas pasuruan: kupang & sate kerang
iboefani.wordpress.com

Makanan tradisional khas pasuruan lainnya adalah Kupang dan sate kerang. Kupang adalah makanan sejenis kerang yang dimasak dengan campuran bawang putih. Dalam menghidangkan makanan khas ini biasanya dengan petis kupang, jeruk nipis, lontong dan irisan lento.

Agar menambah cita rasa unik di lidah, kamu bisa memakannya dengan sate kerang dengan tambahan cabe rawit. Jika kamu memiliki alergi terhadap kerang, kamu bisa menggunakan air es degan sebagai minuman pelepas dahaga dan penwar alergi. Makanan khas pasuruan ini bisa dijumpai di sepanjang pasar keraton dan Ir Juanda.


Lontong balap Bumbu Kuning


makanan khas pasuruan: lontong balap bumbu kuning

Lontong balap bumbu kuning adalah makanan khas Pasuruan dengan bahan dasar lontong dan toge yang disiram bumbu berkuah warna kuning. Bumbu dalam makanan khas ini terbuat dari kunyit, daun jeruk purut, dan bawang putih. Bagi kamu yang suka dengan rasa pedas, bisa ditambahkan cabe rawit atau sambel.


Klepon Pasuruan


makanan khas pasuruan: klepon

Klepon khas Pasuruan merupakan kuliner khas Pasuruan yang terbuat dari tepung beras ketan yang dibentuk bulatan kecil dengan isian gula merah. Bulatan yang telah jadi kemudian direbus dalam air yang mendidih. Penyajian makanan khas pasuruan ini adalah dengan parutan kelapa di atasnya.

Selain parutan kelapa, agar lebih modern klepon bisa diberi parutan keju yang dicampur parutan kelapa. Dengan sensasi kenyal adonan bercampur dengan letusan gula merah menjadikan makanan khas ini patut dicoba.


Cenil Pasuruan


kuliner khas pasuruan: cenil

Kuliner khas Pasuruanyang mirip dengan kelepon adalah Cenil. Cenil terbuat dari tepung tapioka atau ketela pohon. Dalam membuat adonan cenil bisa dibentuk memanjang, kotak ataupun bulat seperti klepon. Makanan ini dibilang unik, karena makanan ini memiliki warna yang beragam dan cerah. Warna ini membentuk seperti pelangi, karena terdiri dari warna merah, kuning, dan hijau muda.

Dalam penyajian makanan khas ini seperti halnya seperti kelepon, yaitu dengan diberi taburan parutan kelapa di atasnya. Makanan khas pasuruan ini selain nikmat, juga bisa mempengaruhi harimu agar lebih ceria karena melihat warnanya yang menarik.

Nah, di atas adalah daftar makanan khas Pasuruan yang patut kamu coba, saat datang ke kota ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar