Minggu, 15 Maret 2015

Semua Makanan Khas Daerah Padang Ini Jadi Alasan Kenapa Padang Selalu Di Hati

Setelah menjelajah tempat wisata di Padang, kurang lengkap rasanya jika kamu tak mencoba makanan khas daerah Padang. Berbicara masakan Padang, ternyata Padang memiliki berbagai macam jenis makanan dengan tidak meninggalkan ciri khas masakannya yang gurih, bersantan dan pedas. Berikut adalah kuliner khas Padang yang wajib kamu cicipi:


Rendang


kuliner khas padang: rendang

Rendang adalah makanan khas daerah padang yang ketenarannya telah mendunia. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak bersama kuah santan dan bumbu-bumbu khas Padang lainnya. Rendang paling enak saat disantap dengan sepiring nasi hangat.


Asam Padeh


nama makanan khas padang: asam padeh

Asam Padeh yang berarti asam pedas adalah salah satu kuliner khas Padang, yang berasal dari Minangkabau. Bahan dasar Asam Padeh ini biasanya adalah ikan tongkol, kakap, tuna atau cumi-cumi. Daging ikan tersebut lalu dibumbui dengan asam jawa, cabe, dan berbagai rempah lain. Dari namanya rasa makanan ini tentunya adalah asam dan pedas yang menyatu sehingga memberikan sensasi sendiri saat kamu memakannya.


Dendeng Balado


makanan khas daerah padang: dendeng balado

Dendeng adalah daging yang dipotong tipis-tipis, dibuang lemaknya, dibumbui dengan saum asam, manis atau asin lalu dikeringkan dengan api kecil lalu dijemur. Masakan ini juga disebut dengan nama Dendeng Batokok.


Soto Padang


masakan khas daerah padang: soto padang

Soto adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang bisa ditemui di seluruh penjuru tanah air. Dari ranah Sumatra, Soto Padang bisa dianggap menjadi salah satu jenis soto yang populer dengan cita rasa yang sangat lezat. Soto Padang terbuat dari irisan daging sapi. Daging sapi yang digunakan oleh masyarakat padang, adalah daging sapi yang berasal dari lokal.


Kalio Dagiang


makanan khas padang: kalio dagiang

Kalio dagiang adalah masakan khas daerah padang yang memiliki tekstur yang lembut dan memuaskan lidah para pencinta kuliner. Kalio Dagiang adalah sebuah gulai yang terbuat dari daging sapi. Dimasak bersama dengan rempah-rempah dan cabai.

Tekstur lembut daging, karena daging pada masakan khas ini harus direbus dalam waktu yang cukup lama sehingga tak hanya teksturnya yang lembut namun juga rasa dan aromanya yang menyerap kedalam daging. Sekali gigit, kamu dijamin bakalan ketagihan atas kelezatan makanan ini.


Gulai Paku


kuliner khas padang: gulai paku

Gulai Paku atau Gulai Pakis adalah hidangan klasik khas Padang yang lezat dan memiliki cita rasa yang unik. Sesuai dengan namanya bahkan utama masakan khas daerah padang ini adalah daun pakis yang dimasak dalam santan yang dibumbui dengan cabai, lengkuas, dan jahe. Gulai paku adalah salah satu masakan khas padang yang layak mau coba, apalagi saat disajikan bersama kupat atau lontong.


Gulai Itiak


makanan khas daerah padang: gulai itiak
Hendra Nasri

Masakan khas daerah padang yang berbahan dasar dari daging itik adalah Gulai itiak. Gulai itiak adalah daging bebek yang diiris tipis-tipis, dimasak dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti cabe keriting hijau, laos, kunyit, dan jahe. Warna ini memiliki rasa yang pedas dengan warna kuah kehijauan ketika disajikan.


Sate padang


masakan khas daerah padang: sate padang
DANNY PHOTOGRAPHY

Nama makanan khas padang lain yang wajib kamu cicipi saat datang ke kota Minang ini adalah Sate padang. Sate ini terbuat dari daging sapi yang dipotong dadu kecil dengan saus pedas di atasnya. Karakteristik utama dari sate ini adalah saus kuning yang terbuat dari tepung beras dicampur dengan kaldu jeroan pedas, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas akar, jinten, bubuk kari dan garam. Makanan yang lezat ini memiliki kandungan kolesterol yang tinggi sehingga tidak baik untuk penyidap kolesterol.


Ikan Balado


nama makanan khas padang: ikan balado

Balado adalah salah satu sambal dari Sumbar (Sumatra Barat) yang terkenal. Bahan dasar sambal ini adalah bawang merah, cabe, tomat, air jeruk nipis, garam dan gula. Biasanya sambel balado ini disampur dengan ikan oreng serta sayuran rebus. Makanan khas daerah Padang ini memiliki cita rasa pedas-manis yang tajam sehingga akan membangkitkan selera makanmu.


Teh Talua


kuliner khas padang: teh talua
Ibudirafisa

Indonesia memiliki berbagai daerah yang memiliki potensi untuk berkebun teh, salah satunya di daerah Padang. Berbeda daerah, berbeda pula cara meracik minuman teh. Nah salah satu varian dari minuman teh adalah Teh Talua yang merupakan minuman khas padang yang wajib kamu cicipi.

Teh ini cukup unik karena penggunaan kuning telur yang dicampurkan saat proses penyajian. Telur yang dipilih adalah telur ayam kampung atau bebek. Bahan lain yang digunakan dalam membuat teh ini adalah gula dan jeruk nipis. Jeruk nipis disini berfungsi untuk meminimalisir bau amis, dari kuning telur.


Kerupuk Sanjai


makanan khas daerah padang: kerupuk sanjai


Kerupuk yang terbuat dari singkong parut ini adalah makanan khas padang yang sangat cocok mendampingi berbagai menu masakan khas padang lainnya. Kerupuk sanjai dibuat dari parutan singkong yang dibentuk adonan lalu digoreng dengan bumbu-bumbu seperti garam, merica, ketumbar dan bawang.


Galamai


masakan khas daerah padang: galamai

Galamai adalah makanan kecil yang terbuat dari tepung beras ketan, gula aren dan santan. Galamai dimasak dengan menggunakan kuali besar dengan api sedang selama 6 jam. Panganan ini berwana hitam pekat dan rasanya manis mirip seperti dodol atau jenang.


Tak hanya mata saja yang dimanjakan saat kamu berkunjung ke Padang, namun juga lidahmu pasti bakalan terpuaskan dengan makanan khas daerah Padang yang gurih dan pedas di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar