Rabu, 04 Maret 2015

7 Tips Memilih Calon Suami Biar Gak Salah Pilih

Kamu sudah memasuki usia menikah? Berarti kamu, khususnya para wanita, harus membaca tips memilih calon suami dulu supaya nggak salah pilih. Memangnya gimana sih tips memilih calon suami idaman? Scroll ke bawah ya:


Tentukan Kriteria Calon Suami

tips memilih calon suami: kriteria calon suami idaman

Ambil kertas, lalu buatlah checklist beberapa kriteria yang kamu inginkan dari seorang laki-laki. Misalnya:

Seberapa cerdas dia?
Dia beragama apa?
Yakin dia setia?
Apa dia cukup tampan untuk kamu?

Tujuan dari menulis daftar kriteria ini adalah untuk menentukan apa yang sebenarnya kamu inginkan. Ingatlah bahwa tips memilih calon suami ideal ini untuk menentukan standar yang realistis, sesuatu yang benar-benar bisa kamu temukan di dunia nyata.

Amatilah Karakternya

tips memilih calon suami idaman: amati karakternya

Kamu harus mengamati karakter sang calon suami, dan lihatlah apakah dia punya keanehan-keanehan, sikap atau kebiasaan negatif. Misalnya, dia adalah perokok berat, dia mengorok terlalu keras, dia boros, dia suka kentut keras-keras, dsb. Bukan berarti kamu harus mencari lelaki sempurna lho, maksudnya adalah apakah kamu bisa bertahan dengan sikap tersebut seumur hidupmu? Kalau kamu nggak masalah dengan sikap tersebut, berarti dia boleh masuk ke dalam kandidat calon suamimu.

Jangan Terburu-buru Menikahinya

tips memilih calon suami idaman: jangan terburu-buru

Jika kamu bertemu seseorang yang sekiranya sesuai kriteriamu, lalu kamu segera jatuh cinta, jangan terburu-buru untuk langsung menikahi dia. Yang namanya hubungan pacaran itu, keduanya menunjukkan hal-hal yang baik saja. Mereka akan cenderung menutupi kekurangan masing-masing. Dr. James Dobson mengatakan, sepasang kekasih membutuhkan minimal satu tahun untuk benar-benar mengenal pasangannya hingga ke dalam-dalamnya.

Jangan Berpikir untuk Mengubah Karakter Pasanganmu

tips memilih calon suami yang baik: jangan ubah karakternya

Karakter adalah sesuatu yang dibangun sejak usia emas, alias saat berusia 0-5 tahun. Karakter tersebut tumbuh dari lingkungan keluarganya sejak ia masih kecil. Kalau kamu ingin mengubahnya, kemungkinan kamu tidak akan berhasil. Kamu hanya punya dua pilihan, menerimanya atau tidak.


Pilihlah Pria yang Menghargaimu

tips memilih calon suami ideal: pria yang menghargaimu

Di dalam pernikahan nanti, kalian akan menemukan banyak perbedaan. Bagaimanapun juga, kalian adalah dua manusia yang berbeda. Namun, seorang pria yang menghargaimu akan menghargai pendapatmu. Begitu pula bila kamu punya pekerjaan, hobi, harapan atau cita-cita tertentu. Pria yang menghargaimu akan menghargai pula semua itu. Tips memilih calon suami ini tidak berakhir di sini saja, kamu juga jangan lupa untuk melakukan hal yang sama kepadanya.


Pilihlah Pria Pekerja Keras

tips memilih calon suami idaman: pria pekerja keras

Kalau dia berani bekerja keras dalam hidupnya, itu artinya dia juga akan bekerja keras dalam mempertahankan pernikahanmu. Pernikahan bukanlah permainan mudah, melainkan bahtera yang harus dibangun dengan keringat dan air mata.

Baca juga: tips menyiapkan pernikahan



Pilihlah Pria yang Mencintaimu

tips memilih calon suami ideal: pria yang mencintaimu

Sudah jelas kan? Kalau dia mencintaimu dan kamu mencintainya, akan lebih mudah menerima berbagai perbedaan pendapat. Hubungan yang harmonis antara suami dan istri juga akan mempengaruhi mental sang anak termasuk cara dia memandang hidup. Ketika terjebak dalam masa-masa sulit, suami istri yang saling mencintai akan ingat kalau pasangan mereka masing-masing adalah hadiah terindah yang telah diberikan Tuhan kepada mereka.

Nah, itu dia tips memilih calon suami versi Youngnesia yang bisa kamu jadikan bahan pertimbangan. Gimana kalo calonnya aja belum ada? Gimana mau milih? Eits, jangan salah. Justru dengan menentukan kriteria pemilihanmu sejak awal, kamu akan semakin dekat dengan calon suami idamanmu. Apakah kamu punya tips memilih calon suami yang baik versimu? Share yuk ke kita-kita di kolom komentar, siapa tahu tipsmu lebih jitu!


Baca juga:

Tanda jatuh cinta
Beberapa gaya pacaran
Tips LDR
Tips bertemu calon mertua
Tips mencari pacar idaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar