Senin, 16 Maret 2015

8 Kebiasan Malas: Yang Pernah Jadi Mahasiswa, Pasti Pernah Mengalami

Sebagai anak kos, yang jauh dari orang tua kebiasaan malas sering kali menyerang kita. Masalah ini merupakan penyakit mental, dimana seseorang enggan melakukan sesuatu yang tidak bermanfaat.

Jika bersama orang tua mungkin ada yang mengingatkan namun ketika berada di kamar kos dimana kita hidup sendiri siapa lagi yang akan mengingatkan kita? Tak ada yang mengawasi dan mengingatkan menjadikan kos menjadi zona yang nyaman tumbuhnya penyakit malas. Berikut adalah 8 kebiasaan malas yang akrab dengan mahasiswa:


Malas bangun pagi


kebiasaan malas mahasiswa: malas bangun pagi

Kebiasaan malas mahasiswa pertama adalah malas bangun pagi. Malas bangun pagi adalah  musuh di awal hari bagi kebanyakan mahasiswa dan anak kos. Berlama-lama di tempat tidur mematikan alarm yang sudah di set semalam dan baru bangun ketika sudah bosan. Padahal udara pagi sangat baik untuk kesehatan dan cocok untuk olahraga atau sekedar jalan-jalan cari sarapan.


Malas mandi, sikat gigi dan keramas


malas bersih-bersih diri

Kebiasaan malas anak kos berikutnya adalah malas mandi pagi, sikat gigi dan keramas. Kata orang istilahnya mandi koboi, yang penting kena air. Tinggal semprot parfum, walhasil tidak ada yang tahu kamu mandi atau tidak. Harum sih, tapi mukamu bakalan kelihatan lesu dan nggak segar.


Malas beres-beres


malas berbenah setelah maen ps

Males beres-beres adalah kebiasaan malas anak kos yang biasanya dialami oleh para cowok, tengok saja kamar dan toilet berantakan seperti pesawat pecah. Kabel mengular kemana-mana apalagi kalo habis maen PS. Abu rokok berserakan sisa makanan disela-sela kasur, sampai jeans bau masih nyantol di gantungan baju.

Lebih parah di toilet, bak mandi dengan dasar menguning karena sudah lama tak dibersihkan dan noda sabun kemana-mana. Walaupun tak semua cowok seperti ini tapi mitos menyatakan cowok lebih males ketimbang cewek. Kira-kira kalo kamu termasuk yang mana?


Malas mengerjakan tugas


malas mengerjakan tugas kuliah
Ezt's

Kebiasaan malas mahasiswa kos paling merugikan adalah malas mengerjakan tugas. Menunda-nunda pekerjaan, dan baru dikerjakan menjelang deadline adalah bencana. Padahal kamu tahu akibatnya. Jadi sebaiknya kerjakan tugas segera atau menyicilnya, baru santai kemudian. Agar kamu tak setress nantinya, jika sudah jatuh tempo untuk mengumpulkan tugas itu.


Malas sarapan


kebiasaan malas mahasiswa malas sarapan

Malas sarapan menjadi kebiasaan malas mahasiswa kos. Apalagi bagi mereka yang biasa disiapin sarapan paginya. Ada sebagian orang yang memang tidak suka sarapan, tapi menurut berbagai ahli kesehatan sarapan sangat penting dan perlu untuk menjalani hari yang akan kamu lalui.

Sebagai anak kos yang biasa dulu saat sekolah atau dirumah sarapan sudah ada yang buatin atau yang mandiri bikin sendiri dengan bahan sarapan yang sudah disiapkan, malas keluar rumah saat pagi menjadi alasan utama meninggalkan kebiasaan sarapan. Lebih lagi jika mereka yang hobinya bangun pagi mepet pas jam kuliah, dipastikan dia tidak sempat sarapan.


Males bangun dari depan TV atau kasur nonton Film


males-malesan nonton bola atau film

Kebiasaan malas selanjutnya adalah males bangun dari depan TV atau nonton bola atau nonton film. Antara hobi nonton, dan menghabiskan waktu nonton film berseri yang tidak ada habisnya memang tipis. Tapi kalau seharian kamu bisa nonton film berseri kayak drama korea, jepang atau drama dari hollywood yang menguras air mata, tenaga dan emosi hingga lupa mandi, makan, ngerjain tugas, hingga jadwal kuliah. Maka kamu bisa disebut pemalas.


Males beribadah


kebiasaan buruk malas beribadah

Ada loh yang sering melewatkan waktu beribadah dengan berbagai alasan padahal sudah waktunya. Mungkin dalam hatinya berkata masih ada hari esok, atau gak masalah saya mbolos beribadah toh nggak ada yang ngeliat. Beribadah bukan saja hak dan kewajiban bagi setiap pemeluk agama, tapi lebih penting kamu perlu relasi yang baik dengan Penciptamu.


Males kuliah


kebiasaan malas kuliah

Bilangnya sih pergi kuliah, tapi sampai kampus nggak masuk kuliah alias mbolos dan nitip absen sama temen karena dosennya gampang dibohongin. Atau masuk kelas, tapi cari posisi yang aman buat tidur, main games di HP atau corat-coret tidak jelas di buku catatan kamu. Kuliah selesai dan kamu tidak dapet apa-apa selain rasa bosan.


Tidak ada ceritanya orang sukses yang pemalas, jadi segera bangun hadapi harimu dengan optimis karena banyak hal yang bisa kamu kerjakan dan buang kebiasaan malas-mu sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar