Selasa, 17 Maret 2015

Jangan Lupa Menikmati Makanan Khas Rembang Ini Saat Berkunjung Ke Rembang

Kali ini Youngnesia akan membahas mengenai makanan khas Rembang.  Rembang adalah salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya berada dibagian timur wilayah provinsi Jawa Tengah. Rembang selain memiliki alam yang mempesona, Rembang juga memiliki makanan khas yang menambah daftar panjang makanan tradisional Indonesia. Berikut adalah daftar makanan khas di Rembang yang telah Youngnesia kumpulkan:


Sate Sarepeh


makanan khas rembang: sate sarepeh
dinaanna 2012

Makanan khas Rembang pertama adalah Sate Sarepeh. Sate Sarepeh merupakan sate yang berbahan dasar ayam kampung, dengan racikan bumbu tradisional yang terdiri dari cabe merah, gula merah, santan dan garam. Penyajian sate sarepeh khas rembang ini adalah dengan lontong.


Lontong Tuyuhan


makanan khas rembang: lontong tuyuhan

Lontong Tuyuhan adalah makanan khas rembang jawa tengahtepatnya dari Desa Tuyuhan, Kecamatan Pancur. Lontong Tuyuhan yaitu lontong yang disiram dengan santan encer yang telah diberi bumbu-bumbu khas Rembang. Makanan ini hanya ada ketika sore hari hingga malam hari biasanya sekitar jam 15.00 WIB.


Pindang Tempe


makanan tradisional khas rembang: pindang tempe

Makanan tradisional khas rembang lainnya yaitu pindang tempe. Ini adalah makanan yang berbahan dasar tempe dengan diberi bumbu-bumbu cabe, bawang merah, bawang putih, asam (tomat), garam dan air. Biasanya ditambahkan juga ikan pindang.


Petisi Bumbon


makanan tradisional khas rembang: petisi bumbon

Makanan tradisional khas rembang yang terbuat dari bahan-bahan petis ikan/udang, telur rebus/ceplok dengan bumbu cabe. Bawang putih, bawang merah, kunci,lengkuas dan jeruk purut, garam dan ditambah santan kental.


Dumbeg Rembang


makanan khas rembang jawa tengah: dumbeg rembang

Dumbeg adalah makanan khas rembang yang terbuat dari tepung beras, gula pasir/gula aren dan ditambah garam, air pohon nira/legen, dan kalau suka diberi nangka/kelapa muda. Kemudian dimasukkan ke dalam bungkus berbentuk kerucut yang terbuat dari daun lontar. Setelah itu adonan di kukus. Makanan ini banyak dijumpai di daerah Pohlandak dan Desa Monodoteko.


Jadah Rembang


makanan khas daerah rembang: jadah rembang
http://agusds.esy.es/

Hampir di daerah Jawa Tengah kita akan menjumpai makanan seperti Jadah. Jadah adalah makanan yang terbuat dari beras ketan putih, kelapa muda, garam yang ditumbuk halus saat panas. Makanan ini sangat gurih. Bedanya jadah Rembang dengan jadah lain di Jawa Tengah adalah penyajian jadah yang biasanya disajikan bersama Jenang waluh, makanan khas Desa Pohlandak.


Kaoya Dudul


makanan khas daerah rembang: koya dudul
http://suaramerdeka.com/

Makanan khas Rembang yang terbuat dari beras ketan, kacang hijau, gula aren/gula pasir dan garam. Makanan khas ini ditempatkan pada daun lontar yang telah dibentuk seperti kelopak bunga, sehingga memakannya tinggal didudul (ditekan) saja ke atas atau ke bawah, agar Kaoya-nya lepas dari bungkusnya. Makanan yang rasanya gurih dan manis ini berasal dari Desa Gunem, Kecamatan Gunem.


Jenang Waluh


makanan khas rembang: jenang waluh
http://mamadidapur.blogspot.com.au/

Jenang Waluh adalah makanan khas daerah Rembangyang terbuat dari buah waluh, gula aren, air niraa dan garam.


Mangut


makanan khas rembang jawa tengah: mangut

Mangut adalah makanan khas yang terbuat dari ikan laut segar yang dipanggang dengan bumbu cabe hijau, bawang merah, bawang putih, garam dan santan kental.


Semoga, ulasan di atas mengenai makanan khas Rembang bisa menambah referensi Sobat Youngnesia saat berkunjung ke Rembang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar