Kamis, 02 April 2015

Yuk Jalan-Jalan Ke Kota Pahlawan Dengan Mengunjungi Beberapa Tempat Wisata Di Surabaya


Kali ini Youngnesia akan mengulas mengenai tempat wisata di Surabaya. Surabaya merupakan ibukota Provinsi Jawa Timur, oleh karenanya Surabaya menjadi tempat pusat bisnis dan pendidikan di jawa Timur.

Selain sebagai pusat pemerintahan di Jawa Timur, kota dengan julukan kota pahlawan ini juga menyimpan pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu kunjungi:


Jembatan Suramadu


tempat wisata di surabaya: jembaran suramadu

Jembatan dengan panjang mencapai 5.500 meter ini merupakan jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dan Madura. Maka dari itu jembatan ini disebut dengan Suramadu (Surabaya-Madura).

Jembatan yang dibangun di atas perairan selat Madura ini adalah jembatan terpanjang di Indonesia dan telah menjadi ikon kota Madura sekaligus menjadi alternatif tempat wisata di surabaya yang terkenal nan mempesona terlebih lagi saat malam hari.


Tugu pahlawan


tempat wisata di surabaya: tugu pahlawan

Ikon kota Surabaya selanjutnya adalah Tugu Pahlawan. Tugu Pahlawan adalah sebuah monumen yang memiliki tinggi lebih dari 40 meter dimana bangunan monumen ini berbentuk seperti paku yang terbalik. Monumen ini dibuat untuk mengingat semangat dan jasa para arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan Indonesia dengan melawan tentara sekutu.

Di Monumen yang dibangun di atas tanah seluas satu hektar ini kamu akan menemui sebuah museum yang diberi nama Museum 10 November. Sebuah museum yang berisi tentang cerita tentang perjuangan masyarakat Surabaya dan makna dari Tugu Pahlawan.


Jembatan Merah


tempat wisata di surabaya yang terkenal: jembatan merah

Satu lagi tempat wisata sejarah di Surabaya adalah Jembatan Merah. Jembatan Merah adalah saksi bisu pertempuran heroik yang terjadi di Surabaya. Jembatan Merah adalah kawasan di mana Brigjend Mallaby tewas di tangan para tentara pribumi.

Di kawasan Jembatan Merah dulunya adalah tempat pusat perdagangan di Surabaya, dimana bagian barat jembatan adalah hunian untuk orang Eropa sedangkan bagian timurnya adalah daerah hunian untuk orang Cina, Arab, serta Melayu.


Monumen Kapal Selam


tempat wisata di surabaya yang terkenal: monumen kapal selam

Monumen Kapala Selam menjadi salah satu daftar tempat wisata di surabaya yang wajib kamu kunjungi. Monumen Kapal Selam adalah Monumen yang dibuat untuk memperingati perjuangan indonesia dalam mempertahankan NKRI dari sabang sampai Merauke.

Monumen yang terletak di Jalan Pemuda ini adalah monumen yang dibangun dari kapal selam asli. Kapal selam yang bernama KRI pasopati 410 merupakan kapal selam yang pernah ikut serta dalam pertempuran pembebasan Irian Barat dari Belanda.


Kebun Binatang Surabaya


tempat wisata di surabaya dan sekitarnya: kebun binatang surabaya

Tempat wisata di Surabaya selanjutnya adalah kebun binatang Surabaya. Kebun Binatang yang dulunya adalah kebun binatang terlengkap di Asia tenggara ini berada di Jalan Setali. Tempat wisata yang cocok untuk keluarga ini cukup terjangkau karena tiket masuknya hanya seharga Rp. 15.000,-


Ciputra Waterpark


tempat wisata di surabaya dan sekitarnya: ciputra waterpark

Ciputra Waterpark adalah tempat wisata air di Surabaya, yang berlokasi di Surabaya Barat. Di Ciputra Waterpark kamu bisa menikmati berbagai wahana seperti Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower dan Syracuse Beach.

Jika kamu tidak bisa berenang jangan khawatir, karena tempat wisata air ini memang didesain tidak terlalu dalam, kedalaman air paling dalam hanya mencapai 1 meter.

Jika kamu berminat datang ke tempat wisata ini, datanglah saat weekend dan hari libur karena tempat ini buka dari jam 08.00 hingga 20.00 WIB, namun jika di hari biasa buka mulai pukul 14.00 hingga 19.00 WIB.


House of Sampoerna


daftar tempat wisata di surabaya dan sekitarnya: house of sampoerna

Salah satu tempat wisata di Surabaya yang memiliki arsitektur bergaya kolonial Belanda. Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1862 oleh pemerintah Belanda, namun pada tahun 1932 kompleks ini dibeli oleh Liem Seeng Tee pendiri Sampoerna untuk dijadikan pabrik rokok Sampoerna yang pertama.

Di tempat wisata ini kamu bisa menjumpai koleksi alat pengelolaan tembakau, foto keluarga, berbagai jenis pematik, replika kios, alat-alat musik dan lain-lain. Selain itu di House of Sampoerna ini kamu juga bisa melihat proses pembuatan rokok.


Museum Mpu Tantular


tempat wisata sejarah di surabaya: museum mpu tantular

Tempat wisata sejarah lain di Surabaya adalah Museum Mpu Tantular. Museum yang berlokasi di jalan raya Buduran dekat dengan Jembatan Layang Sidoarjo ini memiliki 15.00 koleksi mulai dari peninggalan masa prasejarah, peninggalan di masa kerajaan Hindu, Budha, Islam serta masa kolonial.

Harga tiket untuk museum ini cukup murah yaitu hanya Rp 4.000 untuk orang dewasa dan anak-anak Rp 3.000,-.


Museum WR. Soepratman


tempat wisata sejarah di surabaya: museum wr. soepratman

Tempat wisata sejarah di Surabaya selanjutnya adalah Museum WR. Soepratman. Museum yang terletak di Jalan Mangga Tambakasari ini dibangun untuk mengenang WR. Soepratman. Di sini kamu akan menjumpai biola yang digunakan untuk membuat beberpa lagu kebangsaan Indonesia oleh WR. Soepratman.


Masjid Agung Al-Akbar


tempat wisata di surabaya: masjid agung al-akbar

Setelah lelah berjalan seharian mengelilingi Surabaya kamu bisa melepas lelah sekaligus beribadah di Masjid Al-Akbar. Masjid yang merupakan masjid terbesar kedua setelah Masjid Istiqlal memiliki arsitektur megah dan modern dengan berbagai corak ukiran dan kaligrafi.


Taman Bungkul


tempat wisata di surabaya: taman bungkul

Satu lagi tempat wisata yang recommended buat Sobat Youngnesia yaitu Taman Bangkul. Taman yang berada di jalan Raya Darmo ini merupakan tempat favorit untuk kumpul warga Surabaya, karena ditempat ini disediakan track jogging, amfiteater, tempat bermain skateboard, kolam air mancur, internet, dan tempat bermain anak-anak.

Selain fasilitas yang lengkap disini kamu juga bisa menikmati makanan dan jajanan khas Surabaya.


Rumah Batik


tempat wisata di surabaya: rumah batik

Tempat wisata di Surabaya lainnya adalah Rumah Batik. Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Jalan Tambak Dukuh. Disini kamu akan menjumpai berbagai koleksi macam corak dan motif batik dari berbagai daerah di Indonesia yang mencapai 2.000 lembar.


Pantai Kenjeran


tempat wisata di surabaya: pantai kenjeran

Pantai Kenjeran adalah tempat wisata alam di Surabaya yang terkenal di warga Surabaya. Di Pantai ini, selain menikmati panorama pantai dan bermain air, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti memancing, membeli ikan dan menaiki perahu. Selain itu di pantai ini juga menyediakan fasilitas tempat bermain anak-anak.


Pusat Sepatu Wedoro


tempat wisata belanja di surabaya: pusat sepatu wedoro

Tempat wisata di surabaya dan sekitarnya yang recommended buat kamu pecinta sepatu adalah Pusat sepatu Wedoro. Pusat Sepatu Wedoro berada di Kecamatan Waru yang berada di perbatasan Surabaya. Di tempat ini ada sekitar 210 toko.


Pasar Turi


tempat wisata belanja di surabaya: pasar turi

Satu lagi tempat wisata belanja di Surabaya adalah Pasar Turi. Di sini  kamu bakalan menemukan barang dengan harga murah dan lengkap. Pasar Turi dibagi menjadi dua yaitu pasar turi lama, pasar turi baru.


Bagaimana Sobat Youngnesia? Apakah kamu tertarik mengunjungi salah satu tempat wisata di Surabaya di atas?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar