Minggu, 05 April 2015

Studi Membuktikan Beberapa Alasan Kenapa Anak Harus Dekat Dengan Ayah

Mengasuh anak bukanlah tanggungjawab seorang ibu semata, karena ayahpun punya peran yang sangat signifikan. Ada beberapa alasan kenapa anak harus dekat dengan ayah, karena ketika sang anak memperoleh asuhan lengkap dari sosok ibu dan ayah, maka anak tersebut akan berperilaku lebih baik dan lebih berprestasi.


Peran seorang ayah


kedekatan ayah dan anak berpengaruh pada bagaimana anak ke depannya

Bimbingan seorang ayah memberikan pengaruh yang kuat dalam perkembangan anak. Ada penelitian yang menyatakan bahwa kedekatan ayah dan anak bisa membangun kecerdasan dan kesuksesan anak di masa yang akan datang.


Karakter anak


kedekatan ayah dan anak membangun karakter anak

Ada banyak penelitian yang telah dilakukan dalam empat dekade dan banyak juga penelitian yang membuktikan efek positif dari peran ayah dalam mengasuh anak, menjaganya dan membesarkannya. Banyak penelitian juga menguatkan bahwa peran serta ayah bisa membangun karakter.


Emosi anak


kedekatan ayah dan anak membangun emosi anak

Salah satu kajian penelitian dilakukan oleh Father Involvement Research Alliance membuktikan beberapa alasan mengapa anak harus dekat dengan ayah; yaitu terkait dengan emosi yang lebih stabil, lebih percaya diri dan lebih memiliki semangat dalam bereksplorasi.


Pergaulan anak


kedekatan ayah dan anak berefek pada bagaimana anak bersosialisasi

Di lingkungan pergaulan, anak yang dekat dengan ayah cenderung lebih gampang bersosialisasi sehingga berkesempatan lebih untuk mempunyai banyak teman. Kenapa? Karena anak tersebut dianggap lebih asyik dan menyenangkan.


Kecerdasan anak


kedekatan ayah dan anak memicu kecerdasan anak

Satu hal lagi yang tidak boleh luput dari perhatian adalah fakta tentang anak berusia 3 tahun dan dekat dengan ayah akan memiliki IQ yang lebih tinggi sehingga bisa lebih mudah memecahkan masalah dibandingkan dengan teman seusianya.


Itulah beberapa alasan kenapa anak harus dekat dengan ayah. Yang perlu kita sadari adalah, ayah memang pada dasarnya harus dekat dengan sang anak, bagaimanapun keadaan dan alasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar